Meresapi Arti Dari Sumpah Pemuda

Cirebonmedia.com– Peristiwa sumpah pemuda merupakan suatu peristiwa bersejarah bagi Indonesia, dimana pengakuan dari pemuda-pemudi Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa. Sumpah pemuda yang dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928, sudah hampir 87 Tahun kita sudah memperingati peristiwa ini yang di dalamnya berisi :

  1. Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, Tanah Indonesia.
  2. Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, Bangsa Indonesia.
  3. Kami poetera dan poeteri Indonesia, menjoengdjoeng bahasa persatoean, Bahasa Indonesia.

 

Yang dimaksud dengan “Sumpah Pemuda” adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”.

Pernahkah kalian para pemuda memaknai semua isi dari sumpah pemuda? Sumpah ini memiliki semangat yang kuat untuk membela dan mengakui keberadaan bangsa ini dan ingin selalu menjaga persatuan semua pemuda dan pemudi bangsa ini. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan apa yang sudah terjadi pada pemuda dan pemudi pada zaman sekarang ini, mungkin hanya segelintir orang yang masih memahami apa makna yang terkandung dalam peristiwa ini, yang lainnya mungkin masih memiliki sifat acuh dan tak peduli bahwa banyak yang patut kita syukuri dalam peristiwa sumpah pemuda ini.

Bangsa kita sendiri, Bangsa Indonesia pun apakah masih mempunyai pemaknaan dalam peristiwa ini ? mungkin tidak semua bahkan tidak ada sama sekali, mayoritas hanya sekedar mengucapkan sebuah kata-kata “kiasan” agar terkesan merayakan dan memaknai peristiwa sumpah pemuda ini, tapi tidak untuk tindakannya. Ada banyak sekali kebohongan yang mungkin tidak kasat mata dalam memperingati peristiwa-peristiwa penting seperti ini, mungkin jika para pemuda zaman dulu masih hidup, yang diminta oleh mereka dalam peringatan sumpah pemuda yang sudah mereka perjuangkan itu bukanlah sebuah kalimat yang hanya di ucapkan di mulut dan hanya bertahan dalam 24 jam saja, tapi sebuah kobaran semangat muda yang harus selalu di sulut agar tidak padam dalam menjunjung tinggi bahasa persatuan Indonesia ini.

sumpah pemuda 500X500Para pemuda dan pemudi zaman sekarang haruslah lebih mempunyai visi dan misi kedepan dalam menentukan hidup mereka dan tidak hanya itu mereka bahkan punya kewajiban untuk mengharumkan bangsa mereka sendiri yaitu bangsa Indonesia, dan juga mempersatukan seluruh pemuda dan pemudi di seluruh penjuru Indonesia ini.

Sebagai generasi bangsa, marilah kita bergandengan tangan untuk membuat Merah Putih berkibar di angkasa dan sang Garuda terbang tinggi mengepakkan sayapnya di langit Dunia, dan kita buktikan bahwa pemuda Indonesia adalah orang-orang yang memiliki semangat membara untuk membangun kemajuan dan kesejahteraan bangsanya. Selamat Hari Sumpah Pemuda.

 

 

Oleh: Shalom & Leo

Image By: Google.com

 

Shares
Share This