Buku Cetak Yang tak Kalah Dengan Kehadiran E-Book

 

Cirebonmedia.com– Siapa yang tak kenal dengan Ebook ? suatu informasi secara digital yang berada dalam genggaman tanganmu, mudah dibawa kemanapun dan tidaklah membuat anda pusing akan tempat yang harus diatur, dan dapat dibuka dimanapun, kebanyakan orang sudah mulai melirik Ebook dibanding dengan buku cetak, itu menjadi ancaman yang serius untuk para penulis dan pecinta buku cetak, dari tahun ke tahun, perkembangan e-book memang tidak secepat buku fisik pada umumnya.

Namun, perlahan tapi pasti, ketika era teknologi modern seperti sekarang ini sudah mulai mengakar dan banyaknya perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk membaca sebuah e-book di mana dan kapan saja, buku elektronik ini seakan berpacu untuk dapatkan porsi dengan buku cetakan fisik.Akan kah mulai menjadi sebuah legenda yang tergantikan oleh elektronik digital ini? Tenyata tidak, ada beberapa keunggulan yang masih belum bisa dikalahkan oleh Ebook ini.

buku 500X500Bisa disentuh dan dirasakan
Sebuah buku bukan hanya obyek, tapi hampir seperti makhluk hidup. Ketika Anda memilih sebuah buku dari toko, Anda menyentuhnya, memeriksa covernya dan membaca sinopsis di belakang. Anda pada dasarnya berinteraksi dengan buku. Dalam media elektronik, Anda tidak bisa melakukan interaksi lebih.

Tidak melukai mata
Menatap layar monitor terus menerus sambil membaca bisa menjadi sangat melelahkan bagi mata anda karena layar monitor atau gadget dapat menimbulkan radiasi yang cukup membahayakan bagi penatapnya. Membaca buku membuat mata lebih rileks asal Anda tidak membacanya di tempat gelap.

Bisa menjadi sebuah hiasan
Anda bisa menjadikan buku sebagai hiasan rumah, dengan menyusunnya sekreatif mungkin dan dapat menenangkan hati jika disusun secara rapih . Sementara e-book hanya bisa dilihat tanpa bisa disentuh sehingga hanya bisa dibaca saja.

E-book tidak ditandatangani
Anda bisa memberi catatan kecil atau tanda tangan pada buku kesayangan Anda. Sementara Anda tidak bisa memperlakukan hal yang sama pada e-book.

Memang masih terlalu dini untuk mengatakan bahwa buku akan terkikis dan tergantikan oleh e-book atau inovasi baru sejenisnya di kemudian hari, namun beberapa tahun ke depan, apakah industri buku cetak (fisik) masih akan segemerlap seperti 5 atau 10 tahun lalu?

 

 

Oleh: Shalom Kharis

Image By: Google.com

Shares
Share This