Peran Pemuda dalam melahirkan KEMERDEKAAN

Cirebonmedia.com – 70 tahun bangsa Indonesia terbebas oleh para penjajah yang tergiur dengan indah dan luar biasanya negeri Indonesia ini. Keringat, darah, pikiran, waktu, telah bangsa ini berikan untuk negeri yang mereka cintai demi satu kata merdeka. Mereka tak punya waktu untuk menikmati masa muda dan tua seperti kita saat ini para generasi penerus bangsa. Siapakah pencetus kemerdekaan bangsa Indonesia ini ? Sampai di bacakannya naskah proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945, yaitu para PEMUDA bangsa Indonesia-lah yang turut serta berperan penting dalam melahirkan kemerdekaan , tanpa mereka kemerdekaan itu tidak akan terlaksana. Peristiwa Rengasdengklok, sebuah perisitiwa penting yang berada di penghujung perjuangan meraih kemerdekaan, siapa dalang di balik peristiwa itu? Para pemudalah yang mendesak para petinggi pencetus kemerdekaan Indonesia untuk secepatnya menyusun naskah proklamasi dan menyiapkan untuk pembacaannya, dan hari itu pun tiba 17 agustus 1945 di bacakanlah naskah proklamasi untuk menyatakan bahwa bangsa Indonesia ini telah terbebas dari para penjajah.

Peran-Pemuda-dalam-melahirkan-KEMERDEKAANPeranan pemuda tidaklah berhenti sampai disana, ingatkah peristiwa 21 Mei 1998 saat Presiden Soeharto lengser dari kedudukannya sebagai Presiden Republik Indonesia, siapa dalang atas runtuhnya rezim Orde Baru yang telah berkuasa selama 32 tahun atas negeri ini? Para pemuda/mahasiswa turun tangan menangani masalah ini sampai berkorban nyawa untuk kembali menyelamatkan bangsa Indonesia dari keruntuhannya, tapi dari sisi lain apa bangsa ini sudah selamat dari masa kritisnya? Belum, mungkin pada saat itu para kaum muda telah berhasil meruntuhkan pemerintahan yang sudah dianggap menyimpang dari apa yang telah diamanatkan Pancasila dan UUD 1945, tapi mereka belum berhasil menyelamatkan bangsa ini dari krisis-krisis yang kurang mereka pikirkan. Masih banyak tugas yang harus diselesaikan oleh para kaum muda sekarang untuk memperbaiki bangsa ini, mengapa? karena para pemudalah yang sejak awal kemerdekaan telah berperan sangat penting bagi penyelamatan bangsa ini, pemuda sekarang haruslah lebih aktif dan produktif.

Tugas-tugas para pemuda tidaklah berhenti sampai disitu. Apa yang harus dilakukan para penerus bangsa saat ini dalam melindungi dan memaknai kemerdekaan itu? Semangat jiwa mudalah yang harus dipacu untuk membuat Hari Kemerdekaan bangsa Indonesia ini menjadi semakin berarti. Pemuda sangat di harpakan bisa lebih berkualitas dalam meneruskan dan menjaga apa yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan, langkah kaki mereka para pemuda haruslah lebih mantap dan tegas dalam membangun bangsa ini menjadi lebih baik, biarkan seluruh negeri melihat bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia ini tidak hanya saat Presiden Ir.Soekarno membacakan teks proklamasi, tapi kemerdekaan Indonesia adalah kemerdekaan yang sejati. Itulah semangat kemerdekaan 45!

 

Images By Google

Oleh Shalom Kharis Budiputra

Shares
Share This