Jadilah Generasi Muda yang Membanggakan

Cirebonmedia.com- Sudah 70 tahun lamanya bangsa Indonesia terbebas dari belenggu penjajahan yang penuh dengan penderitaan. Berpuluh-puluh tahun Indonesia menjadi budak di Negaranya sendiri, bekerja dengan paksaan tanpa bayaran. Tentunya terlepasnya bangsa Indonesia dari belenggu penjajah tidak begitu saja diraih. Tetesan darah dan keringat yang menyertai perjuangan para pahlawan kita dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan dengan semangat perjuangan para pahlawan  kita bisa lepas dari belenggu penjajah.

“Kemerdekaan” senantiasa mempunyai arti yang sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa dan Negara termasuk bangsa Indonesia. Dengan di bacakannya teks proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945 pertanda bahwa bangsa kita yang kita cintai telah mendapatkan pengakuan oleh dunia dengan perjuangan yang sangat berat dan tanpa pamrih, bangsa kita bisa duduk berdampingan dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Dan muncul di benak kita, Apakah kita sebagai generasi muda tau apa itu makna dari sebuah arti kemerdekaan  yang sebenarnya ? yang  selama ini yang kita tau hari kemerdekaan yang kita peringati setiap tahunnya hanya identik dengan adanya upacara pengibaran bendera ,dan  perlombaan yang biasa dilaksanakan atau  diadakan disetiap desa yang bersifat hedonisme (berhura-hura).

Apa sebenarnya makna kita mengadakan peringatan hari kemerdekaan itu ?

  1. Mendoakan dan mengenang para pahlawan yang semasa hidupnya bersaja kepada bangsa sepanjang masa.
  2. Bagaimana kita dapat menimba teladan hidup dari mereka . karena para pahlawan itu adalah pentunjuk arah yang jelas bagi kehidupan kita sekarang dan masa depan yang penuh dengan tantangan dan harapan.
  3. Arti kata “Merdeka”, merdeka tentunya kita tau arti dari kata tersebut yaitu kebebasan , bebas dari penjajahan dan bangsa kita dapat bebas menguasai segala kehidupan negaranya sendiri tanpa turut campur dari para penjajah .
  4. Kita sebagai generasi muda penerus bangsa harus selalu ingat bahwa kita berkewajiban untuk menjaga bangsa kita  agar bangsa Indonesia tidak dijajah kembali.

Pemuda-Indonesia-yang-membanggakan-smallPemuda merupakan agen perubahan, disini pemuda berperan untuk membangun negara Indonesia menjadi lebih baik. Dalam membangun bangsa diperlukan semangat juang pemuda. Dengan kreatifitas dan potensi yang dimiliki oleh generasi muda pastinya negara kita akan terus berkembang, karena baik buruknya suatu Negara dapat dilihat dari kualitas pemuda.

Oleh karena itu, janganlah kita hanya menjadi pemuda pemudi  yang anarkis, pesimis, dan hedonis. Kita seharusnya sebagai  generasi penerus harus mampu menumbuhkan semangat juang kepada para pemuda agar mereka sadar akan kewajibannya untuk membangun bangsa Indonesia, agar bangsa kita menjadi negara yang makmur dan tentram.

Bagaimana, apakah kalian sudah menjadi generasi muda yang membanggakan ?  🙂

 

Image By Google

Oleh Ginada Umaris

Shares
Share This