Indahnya Merayakan Kemerdekaan Bagi Generasi Penerus Bangsa

Cirebonmedia.com – Apa yang kalian pikirkan tentang hari kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 agustus 1945? Banyak orang bilang tanggal tersebut merupakan dimana bangsa Indonesia mulai mendapatkan kebebasan. Sehingga bangsa Indonesia pada tahun tersebut memproklamasikan kemerdekaannya. Memang  banyak cara untuk memaknai sebuah kemerdekaan bangsa ini yang tentunya sudah tak sama lagi seperti jaman dahulu dimana bangsa kita melawan penjajah dengan berperang. Kita yang hidup di zaman modern yang sudah tidak ada lagi perang, bagaimanakah kita merayakan sebuah kemerdekaan?

  1. Upacara Bendera

Bagi kita yang masih menduduki bangku sekolah dasar,menengah atau pun atas kita bisa mengikuti upacara bendera yang dilaksanakan oleh sekolah kita. Mengikuti upacara merupakan salah satu cara untuk kita menghormati dan mengenang para pahlawan serta menambah rasa patriotism atau rasa kebangsaaan kita sebagai manusia yang berpendidikan

  1. Memasang Bendera Merah Putih di Depan Rumah

Mungkin ini adalah salah satu cara paling sederhana yang sering orang lakukan dirumahnya masing-masing, yaitu adalah memasang bendera Negara kita tercinta ini. Meskipun sederhana, hal yang dilakukan ini memiliki makna yang besar, yaitu jika kita mengibarkan bendera dirumah kita saat hari kemerdekaan itu menandakan bahwa rumah kita adalah salah satu rumah milik pejuang Indonesia dan kita sudah mendeklarasikan bahwa kita bebas dari penjajahan, hal ini karena dahulu pada saat jaman peperangan jika ada rumah yang mengibarkan bendera Indonesia, oleh penjajah akan diserang lalu dihancurkan rumah itu.

  1. Memasang Foto Pahlawan Kemerdekaan

Kalian yang memiliki seseorang pahlawan yang menjadi idola dan inspirasi, bias melakukan hal ini dirumah, memaknai kemerdekaan dengan hal seperti ini adalah untuk mengenang jasa pahlawan dan sebagai wujud terimakasih kepada pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

  1. Mengikuti Lomba 17 Agustus

Kemerdekaan-Indonesia-ke-70-smallInilah yang paling ditunggu semua orang di hari kemerdekaan bangsa kita, dengan keramaiannya orang berkumpul bersama bersukacita merayakan bersama dengan mengadakan lomba, banyak yang menganggap seperti ini adalah untuk hadiah sebuah lomba namun didalam lomba tersebut banyak makna yang besar. Lomba tersebut diadakan agar orang bias merasakan betapa sulitnya pahlawan kita memperjuangkan kemerdekaan yang telah kita jaga selama ini.

  1. Membantu Gotong Royong

Sudah jelas tercantum pada undang-undang dan pancasila bahwa pentingnya kita untuk saling gotong royong membantu sesama. Karena kemerdekaan Indonesia bias terwujud dengan adanya gotong royong dan saling membantu antar rakyatnya.

  1. Bersepeda

Jaman dahulu pada saat penjajahan kendaraan rakyat Indonesia adalah sepeda. Dan ini adalah salah satu cara memaknai kemerdekaan Negara kita dengan bersepeda kita bisa mengurangi polusi dan bisa hidup sehat.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan dalam merayakan kemerdekaan bagi generasi penerus bangsa. Namun satu hal terpenting setelah merayakan ialah mengisi kemerdekaan itu sendiri. Mari isi kemerdekaan ini dengan bekerja dan berkarya!

 

Image by Google

Oleh Adzan Faturachman Kusuma

Shares
Share This