Gadget Yang Kian Mendominasi

Cirebonmedia.com- Siapa yang tak mengenal gadget. Gadget yang tiap waktu berada digenggaman tangan dan menjadi hal penting yang tidak bisa dilupakan. Gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi spesifik. Dalam bahasa Indonesia, gadget disebut sebagai “acang”. Hal yang membedakan gadget dengan perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”. Artinya, dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih mudah. Gadget dalam pengertian umum dianggap sebagai suatu  perangkat elektronik yang memiliki fungsi khusus pada setiap perangkatnya.

Contoh dari gadget adalah smartphone, smartphone adalah suatu hal yang tak akan lepas dari tangan dan mata manusia, karena smartphone bagi mereka adalah hal yang tak mungkin di lupakan, bagi kalangan muda mau pun tua, mengapa bisa seperti itu ? gadget smartphone pada zaman ini sedang mengukir sejarah mereka sendiri, karena manusia mulai bergantung dengan benda canggih ini, bahkan untuk urusan bisnis mau pun hanya sekedar berbagi foto dan momen di media sosial mereka. Gadget smartphone sudah seperti menjadi bagian dari tubuh mereka, tiap menit masyarakat modern pasti tak lupa untuk menatap layar gadget mereka untuk mengetahui berita dan berselancar di dunia internet.

Nathan Stubbefield seorang petani melon yang sangat menyukai IPTEK berhasil membuat gadget pertama di dunia. Pria yang berasal dari Murray, Kentucky ini mulai membuat gadget pertama di dunia pada tahun 1902. Berawal dengan membangun 120 kaki tiang di kebun, yang dapat mentransfer percakapan dari satu telpon ke telpon yang lain dengan menggunakan medan magnet. Nathan mendemonstrasikan temuannya di alun – alun kota pada tahun baru 1920. Pada tahun 1980 dia mematenkan telpon nirkabel versi baru untuk berkomunikasi dengan kendaraan bergerak.

Gadget-kian-mendominasi-smallKeberhasilan benda elektronik canggih ini terlihat dari ketergantungan masyarakat dengan benda ini, para kompetitor merk smartphone saling bersaing untuk mendapatkan nilai plus dimata masyarakat dan terus mengembangkan produk yang menjadi unggulan dan berguna untuk masyarakat, contoh pengembangan aplikasi yang booming di masyarakat adalah sosial media, bermula dari Whatsapp, BBM, hingga Facebook pun mengeluarkan produk yang berbentuk messenger untuk mobile, hingga muncul kompetitor platform seperti Line, Wechat, Path dan lain-lain tidak hanya untuk sosial media, kini platform mereka di gunakan untuk mencari pengetahuan, bisnis, dan sarana promosi lainnya, juga mulai booming media untuk pemesanan baik restorant, tiket pesawat terbang, tiket hotel dan lain sebagainya.

Perkembangan zaman modern sudah sangat pesat dimata masyarakat saat ini, dan itu semua memiliki dampak baik dan buruk bagi masyarakat, tapi kita tidak bisa menolak perkembangan zaman saat ini, karena itu pun dibutuhkan dalam suatu kehidupan apalagi di zaman era modern seperti saat ini, tapi kita pun harus menyikapi dengan baik perkembangan zaman ini agar kita tidak terjebak dalam lubang jahat canggihnya teknologi ini.

 

 

Image By: Google.com

Oleh: Shalom

Shares
Share This