Sampai Kapan Bumi Bertahan?

Cirebonmedia.com- Lahir, tumbuh, berkembang, makan, minum serta bernafas yang dilakukan makhluk hidup di dalam planet Bumi selama ia hidup. Lalu, kerap muncul pertanyaan, sampai kapan bumi dapat bertahan sebelum kiamat datang? yang waktunya sepenuhnya jadi hak prerogatif Tuhan.

Bumi bisa disebut sebagai pusat perkembangan makhluk hidup di jagat raya, mengingat hanya Bumi lah yang memiliki faktor tersebut sebagai sebuah planet tempat makhluk hidup berasal dan berevolusi. Planet yang kita tinggali ini adalah satu-satunya tempat yang memiliki segala syarat kehidupan bagi makhluk hidup, serta tempat dimana peradaban umat manusia mulai eksis dan berkembang. dan Bumi adalah planet ketiga dari Matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam tata Surya.

Para peneliti mengungkapkan, sel sederhana pertama kali muncul di Bumi hampir 4 miliar tahun yang lalu. “Disusul serangga 400 juta tahun lalu, dinosaurus 300 juta tahun lalu, tanaman berbunga 130 tahun lalu,”  kata ketua tim peneliti dari  University of East Anglia, Andrew Rushby, seperti dimuat situs sains LiveScience. “Manusia dengan anatomi modern baru ada sekitar 200.000 tahun terakhir. Jadi bisa dilihat, dibutuhkan waktu yang sangat lama bagi kehidupan cerdas untuk berkembang di sebuah planet.”

Bumi-mangkin-panasSemakin hari umur Bumi semakin menua, namun sangat miris melihat kerusakan yang dilakukan manusia pada Bumi yang sudah menaungi  kehidupan kita dan memberikan sumber dayanya. Sejauh ini justru Bumi justru mengalami perlakuan yang sangat meluka. Eksploitasi sumber daya alam yang tak terkontrol dari manusia seperti penebangan liar yang tak terkendali dan pengerukan hasil tambang membuat bencana terjadi dimana-mana.

Jika hal ini terus terjadi, Sampai kapan Bumi dapat bertahan?. Kebanyakan yang dilakukan manusia justru malah menggali kuburannya sendiri, bisa kita lihat dengan kemurkaan alam setelah perbuatan yang dilakukan manusia kepadanya. Lalu, tempat tinggal seperti apa yang akan diwariskan kepeda generasi selanjutnya? Kerusakan? Tentunya tidak.  Cintai bumi, rawat bumi demi masa depan yang gemilang.

 

 

Image By: Google.com

Shares
Share This