Cirebonmedia.com- Fenomena alam yang terjadi di bumi sangatlah beragam dan kerap sekali terjadi, dari hujan es yang terjadi di daerah yang memiliki iklim tropis, hingga cuaca panas yang cukup ekstrim pernah terjadi di Rusia, yaitu sekitar 37,8 derajat Celcius. Angka ini memecahkan rekor peristiwa alam yang pernah terjadi sejak tahun 1920, seperti yang kita ketahui Negara ini memiliki iklim yang cukup dingin namun dengan fenomena alam tersebut, hal itu pun dapat terjadi dimana pun dan kapan pun.

Dan yang terjadi sekarang ialah fenomena “Gelombang Panas”. Sedang  terjadi di India yang sudah memakan tidak kurang dari 1.100 jiwa. Bureau of meteorology, sebuah badan meteorologi di Australia sendiri mendefinisikan gelombang panas adalah kondisi di mana dalam tiga hari atau lebih suhu udara dapat mencapai maksimum dan minimum pada lokasi tertentu.

Menurut para ilmuwan di Departemen Meteorologi India memperingatkan bahwa ternyata suhu tinggi tersebut sudah lebih panas dalam dua dekade terakhir, dan gelombang panas akan terjadi lebih intens, memiliki jangka waktu yang lebih lama dan frekuensi yang lebih besar. Sehingga bukan tidak mungkin akan banyak kematian terjadi. Para peneliti mengatakan suhu telah meningkat dalam kisaran 0,8-1 derajat Celcius dengan peningkatan jumlah hari yang panas di India.

Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, “sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia” melalui efek rumah kaca. Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8. Akan tetapi, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukakan IPCC tersebut.

Kejadian ini sehasrusnya lebih membuat manusia sadar dalam melakukan kegiatan sehari-sehari, untuk lebih mengontrol suatu kegiatan yang dampaknya bisa memicu kehancuran serta perubahan iklim yang sangat ekstrim. Agar bumi tetap menjadi planet yang layak untuk dihuni makhluk hidup generasi selanjutnya.

 

Image By: Google.com