Diaspora Indonesia Di Amerika Serikat Jajaki Kerjasama Dengan Kota Cirebon

Cirebon- Indonesia dikenal memiliki banyak wilayah yang memiliki pesona budaya, kuliner hingga adat istiadat yang mampu menarik turis asing dari berbagai belahan dunia untuk berbondong-bondong mendatangi Indonesia. Sebagai bukti, setiap tahun semakin banyak jumlah warga negara asing yang berkunjung ke Indonesia untuk mempelajari kesenian khas daerah dan budaya yang ada di Indonesia. Lalu bagaimana dengan arus kedatangan dari Indonesia menuju keluar? Tak hanya Indonesia yang didatangi masyarakat asing, orang-orang Indonesia pun banyak berada di luar negeri. Tentunya keterbukaan hubungan antar negara yang semakin baik turut mendukung terjadinya hubungan antar wilayah di beda negara.

Salah satu kota yang sarat akan nilai budaya, kesenian dan sejarah yaitu Cirebon. Kota ini kerap dikunjungi Dubes atau jajaran pemerintah dari beberapa Negara. Berlabel sejarah sebagai kota Wali, dan terkenal memiliki Kesenian Tari dan Batik Mega Mendung serta beberapa makanan khasnya,  membuat Cirebon menjadi salah satu pusat perhatian dunia, tak terkecuali negara besar seperti Amerika serikat yang sebelumnya sudah memiliki kerjasama yang baik dengan Indonesia dan juga Kota Cirebon.

Dalam kesempatan kali ini rombongan Diaspora Indonesia dari Amerika Serikat bersama rombongan dari US Embassy berkunjung ke Balaikota Cirebon pada 3 Februari 2015, untuk menjajaki kerjasama internasional antara Kota Cirebon dengan kota di Amerika Serikat diberbagai bidang seperti pendidikan, kebudayaan, sosial, ekonomi dan pariwisata. Nantinya kerjasama ini adalah dalam bentuk hubungan antara komunitas di kedua kota melalui program “Sister Cities” (kota kembar).

“Indonesia sudah memiliki empat program sister cities dengan Amerika Serikat” ungkap Alexander Soetjipto, Presiden program kerjasama St. Louis-Bogor Sister Cities di Missouri, Amerika Serikat. “Jakarta berkota kembar dengan Los Angels, California. Surabaya dengan Seattle, Washington. Bandung dengan Forthworth, Texas. Dan Bogor dengan St. Louis, Missouri,” tambahnya.

“Berdasarkan pembicaraan saya dengan teman-teman dari kalangan pemerintahan dan bisnis di Cirebon, saya yakin  bahwa bila terlaksana program kota kembar antara Kota Cirebon dengan Kota di Amerika Serikat ini akan banyak menguntungkan komunitas-komunitas di kota ini. Kami juga memiliki Tim Diaspora Indonesia di Texas, yang bekerjasama dengan kami di Cirebon untuk mencoba mewujudkan ide pembentukan program “sister cities” ini menjadi kenyataan, “ kata Galih Permata, penggagas program kerjasama Cirebon ’Sister Cities’.

Dalam kunjungan mereka ke Cirebon, melakukan berbagai kegiatan diantaranya kunjungan ke Keraton Kasepuhan dan Kanoman, melakukan press conference, dan diskusi dengan Pemerintahan Kota Cirebon dan berbagai elemen. Beberapa tempat wisata dan sentra industri juga dikunjungi. Tak hanya Kota Cirebon, rombongan ini juga mengunjungi Kantor Kabupaten keesokan harinya. Selain bertatap muka dengan pejabat-pejabat setempat, kunjungan ke kota dan Kabupaten Cirebon ini juga meliputi pertemuan dengan para pelaku bisnis dan tokoh-tokoh masyarakat.

“Kami, diaspora Indonesia, yang tinggal di manca Negara, pada kongres dunia pertama kami di Los Angles, California, pada Tahun 2012 sudah mencetuskan deklarasi yang isinya antara lain adalah kami akan turut serta membantu pembangunan bangsa dan Negara Indonesia menuju kea rah Indonesia yang semakin adil dan makmur, “ tutur Soetjipto yang juga adalah penggagas inisiatif PEMDA BERKARYA usaha untuk membantu pemerintah-pemerintah daerah di Indonesia. Membantu teman-teman di Cirebon mendirikan program “sister cities” yang telah terbukti berhasil meningkatkan taraf hidup anggota komunitas-komunitas dari banyak kota di seluruh dunia, merupakan salah satu sembangsih saya kepada bangsa dan Negara yang saya cintai ini.

“Saya berdoa semoga semakin banyak lagi Diaspora Indonesia yang jumlahnya di seluruh dunia diperkirakan mencapai 6 juta orang itu yang akan mengabdikan dirinya kepada Ibu pertiwi,” himbaunya.

Photo by Bhakti Gunawan / Cirebon Media

Shares
Share This