Aplikasi Android Terbaik yang Cocok Untuk Pelajar

Sumber : Innofied

Smartphone memiliki banyak kegunaan, tidak hanya sebagai alat komunikasi atau bermain game, smartphone juga dapat digunakan untuk media pembelajaran. Mengingat smartphone merupakan barang yang selalu dibawa ke mana saja, maka tidak heran jika smartphone menjadi salah satu alat terbaik untuk belajar.

Tentu saja untuk mencapai semua itu dibutuhkan aplikasipembelajaran yang baik demi tujuan yang sama, yaitu mengetahui sesuatu yang sebelumnya tidak diketahui. Dari sekian banyaknya aplikasi di Play Store, berikut ini beberapa aplikasi yang cocok digunakan untuk belajar:

1. Coursera

Coursera bisa dibilang merupakan sekolah online. Di aplikasi ini terdapat banyak pelajaran dan kelas yang bisa kamu ambil. Mulai dari pelajaran matematika, sains hingga teknologi diajarkan melalui aplikasi yang satu ini.

Setiap kelas memiliki pembelajaran secara lisan, tugas membaca dan juga konten video sebagai tambahan. Coursera menjadi perpaduan yang menyenangkan antara sekolah tradisional dan pembelajaran modern.

2. Doulingo

Doulingo sempat menjadi aplikasi pembelajaran paling tenar di tahun 2014. Aplikasi ini pada dasarnya merupakan aplikasi belajar bahasa, dengan konsep mini game sehingga terlihat menyenangkan dan menarik.

Sejauh ini, Doulingo telah mendukungi lebih dari satu lusin bahasa. Pengembang aplikasi ini mengklaim jika penggunaan Doulingo selama 34 jam sama dengan pembelajaran bahasa selama satu semester. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis dan bebas iklan.

3. Khan Academy

Khan Academy merupakan salah satu aplikasi paling populer untuk belajar. Aplikasi ini mengajarkan banyak pelajaran tradisional seperti matematika, sains, fisika, ekonomi, dan lainnya.

Khan Academy menawarkan akses ke lebih dari 10.000 video beserta berbagai kursus dan pembelajaran lainnya. Sama seperti Doulingo, aplikasi yang satu ini bisa diunduh gratis dan bebas dari iklan. Khan Academy bisa dibilang sangat cocok bagi para akademisi yang memiliki anggaran terbatas.

4. Lynda

Lynda memiliki konsep yang hampir serupa dengan Udacity, Coursera, dan Udemy. Aplikasi ini didirikan oleh Lynda Weinman. Lynda lebih berfokus terhadap pembelajaran teknologi dan keterampilan yang memiliki kaitan dengan pekerjaan pengguna.

Lynda memiliki banyak hal untuk diajarkan seperti bagaimana cara membuat situs web, memproduksi musik hingga pembelajaran dasar Microsoft Office. Untuk kursus-kursus yang hampir mendekati pelajaran kuliah, dikenakan biaya yang cukup mahala.

5. SoloLearn

SoloLearn merupakan aplikasi yang cocok bagi mereka yang ingin menjadi developer sebuah aplikasi atau game. SoloLearn memiliki banyak opsi pembelajaran yang mengajarkan pemrograman komputer.

Aplikasi gratis ini mendukung beragam bahasa web ringan seperti HTML, bahasa web yang lebih umum seperti Java atau C ++, dan beberapa bahasa web kompleks seperti Python. Aplikasi yang satu ini sangat direkomendasi bagi mereka yang ingin mengambil kuliah jurusan teknologi atau semacamnya.

6. Udacity

Dari semua daftar aplikasi pembelajaran, Udacity menjadi salah satu aplikasi yang paling intens. Pengguna bisa mendaftar untuk kursus dan mempelajari hal baru. Udacity lebih berfokus kepada keterampilan kerja in-demand seperti pemrograman komputer, pengembangan aplikasi, kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, dan banyak lagi. Sebagian besar kursus di aplikasi ini gratis, namun untuk pembelajaran yang lebih berat akan dikenakan biaya yang tidak sedikit.

 

Sumber : JalanTikus

Oleh : Faisal (SMKN 1 Palasah)

 

Shares
Share This