Manfaat sarapan pagi adalah untuk menjaga kebugaran tubuh sebelum melakukan aktifitas. Sarapan adalah waktu makan yang utama sebelum melakukan aktifitas. Biasanya dilakukan sebelum berangkat sekolah ataupun kerja. Sangatlah penting untuk kita sarapan terlebih Sarapan Pagi adalah waktu makan yang paling penting untuk memulai aktifitas sehari-hari. Dianjurkan kita untuk sarapan sebelum melakukan aktifitas karena hal itu  adalah modal energi utama untuk dapat mengawali hari dengan kebugaran badan. Sangat dianjurkan untuk makan pagi dengan porsi yang kecil dan menhindari makan makanan dengan komposisi gula yang berlebih.

lontongsayur salah satu menu sarapan foto : foursquare.com

Berikut 6 manfaat sarapan pagi bagi kesehatan yang tidak boleh dilewatkan:

  1. Mencegah Penyakit Maag

Manfaat sarapan pagi yang pertama yaitu dapat mencegah penyakit maag. Hal ini dikarenakan dengan membiasakan sarapan pagi dapat membuat lambung terisi makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung, sebagai penyebab terjadinya sakit maag.

  1. Mencegah Diabetes

Terdapat suatu studi yang menyatakan bahwa orang-orang yang rutin sarapan memiliki tingkat risiko lebih rendah sebesar 32% untuk terkena diabetes pada usia yang lebih tua dibandingkan dengan yang mereka yang melewatkan sarapan. Hal ini dikarenakan orang-orang yang melewatkan sarapan lebih rentan mengalami resisten insulin.

  1. Meningkatkan Kemampuan Otak

Manfaat sarapan pagi lainnya yang tidak kalah pentingnya yaitu dapat meningkatkan keterampilan kognitif otak hingga meningkatkan kewaspadaan. Hal ini dikarenakan otak membutuhkan asupan dari makanan untuk bekerja dengan baik. Oleh karena itu, sarapan tidak boleh Anda lewatkan, terkhususnya bagi pelajar dan pekerja kantoran.

  1. Menjaga Berat Badan Tubuh yang Sehat

Ketika Anda sarapan, disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti oatmeal atau roti yang berbahan dasar biji-bijian utuh yang tinggi akan serat namun rendah gula. Karena dicerna secara perlahan oleh tubuh, makanan tersebut dapat memberi energi stabil yang dapat membuat Anda tetap merasa kenyang dan mencegah keinginan untuk mengemil, sehingga dapat membantu Anda dalam menjaga berat badan tubuh yang sehat.

  1. Menjaga Suasana Hati

Terdapat hasil penelitian mengenai dampak sarapan pagi yang menunjukkan bahwa orang yang melakukan sarapan pagi memiliki mood atau suasana hati yang berbeda dengan yang melewatkan sarapan. Dimana orang yang sarapan memiliki mood yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan.

  1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi pada Tubuh

Melewatkan waktu untuk sarapan dapat membuat dosis harian akan vitamin dan nutrisi sulit untuk diperoleh oleh tubuh. Oleh karena itu, sarapan merupakan waktu untuk makan yang paling menyehatkan serta orang yang terbiasa sarapan cenderung memiliki pola makan sehat secara keseluruhan.

Sumber : berbagai sumber

Penulis : rief

Shares
Share This