Hindari Hal Kecil Dan Sepele Ini

Cirebonmedia.com – Mungkin beberapa orang sering melakukan hal – hal kecil dan terlihat sepele. Tapi perlu diketahui bahwa terdapat hal kecil dan sepele yang memiliki dampak tidak baik jika terus menerus dilakukan. Lantas apa saja hal kecil dan sepele yang biasa dilakukan oleh orang disekitar kita bahkan diri kita sendiri.

Makan dan Minum Berdiri

Makan dan minum sambil berdiri selain dilarang oleh agama, etika dan nilai kesopanan ternyata juga memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Itu karena jika kita minum sambil duduk maka air yang masuk kedalam tubuh akan disaring terlebih dahulu oleh sfringer atau suatu struktur maskuler berotot yang bisa membuka dan menutup agar air kemih dapat lewat, dan sfringer ini hanya akan bekerja saat kita sedang duduk. Oleh karena itu mengapa kita dianjurkan untuk makan dan minum sambil duduk.

Tidur Terlentang

Posisi tidur terlentang akan memicu gangguan pada organ – organ penting manusia seperti organ pernafasan dan pencernaan. Dalam posisi terlentang, saluran pernafasan seseorang akan terhambat sehingga tidak bisa menghirup oksigen dengan baik. Yang dianjurkan adalah posisi tidur miring, karena selain merupakan posisi tidur yang diajarkan Rasulullah SAW, pada posisi ini jantung hanya akan terbebani ileh paru – paru kiri yang berukuran kecil. Selain itu, tidur dengan posisi ini akan menempatkan hati pada posisi yang stabil dan sangat baik juga bagi sistem pencernaan tubuh.

Begadang

Normalnya manusia harus tidur minimal 8 jam dalam satu hari. Sedangkan pada kasus begadang ini, jam tidur manusia hanya kurang dari 6 jam.  Sebuah survey mengatakan orang yang tidur kurang dari 6 jam 48% beresiko mengidap penyakit jantung, hipertensi, obesitas dan meninggal pada usia muda karena terkena stroke.

downloadBuang Sampah Sembarangan

Sampah selalu menjadi sebuah permasalahan di Indonesia, bahkan di Cirebon. Meskipun pemerintah menyediakan banyak tempat sampah di ruang publik, namun masih ada orang yang membuang sampah sembarangan. Kesadaran masyarakat tentang membuah sampah pada tempatnya memang masih kecil, untuk itu yang perlu dilakukan adalah dari diri kita sendiri. Jangan pernah membuang sampah sembarangan.

Mengucek Mata

Mengucek mata menggunakan tangan akan berdampak menimbulkan penyakit dan kelainan pada mata. Jika sering dilakukan dalam jangka panjang akan menyebabkan kerusakan serius pada mata seperti glaucoma, rabun jauh hingga kebutaan. Cara terbaik untuk menjaga kebersihan mata adalah dengan memberikan obat tetes mata.

Tidak Menabung

Menabung tidak ada hubungannya dengan berapa besar gaji yang kita peroleh. Berapapun gaji yang diperoleh kita harus sisihkan sekian persen untuk ditabung karena meskipun menabung sedikit demi sedikit, lama – lama akan menjadi bukit.

Shares
Share This