Jerman Negara Tujuan Bagi Calon Mahasiswa

Cirebonmedia.com– Pendidikan memang sesuatu hal sangat penting yang wajib dimiliki oleh setiap individu di muka bumi. Dan pendidikan pula yang mampu membentuk suatu karakter dalam diri manusia melalu ilmu pengetahuan yang didapat saat menjalani pendidikan yang diberikan oleh seorang guru hingga professor, dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi.

Berbicara mengenai pendidikan, ada salah satu Negara di Eropa yang bisa dikedepankan. Negara di bagian eropa barat yang memiliki sejarah panjang dan juga merupakan salah satu Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Jerman, Negara yang mampu menghasilkan kaum intelektual diberbagai bidang mulai dari Martin Luther, Johann Wolfgang Goethe, hingga Wolfgang Amadeus Mozart (Kerajaan Austria-Ungarn tempat Mozart lahir itu dulu adalah bagian dari Kekaisaran Jerman) merupakan orang-orang yang memiliki kemampuan istimewa dibidangnya.

Itulah mengapa Negara ini menjadi tujuan utama bagi para calon mahasiswa yang ingin memiliki pendidikan dengan mutu tinggi dan terbaik. Ada fakta lain mengapa jerman menjadi pilihan, Jerman hingga saat ini menjadi salah satu tujuan utama calon mahasiswa untuk kuliah di Eropa, karena sebagian besar perguruan tinggi di negara itu tidak memungut biaya kuliah alias gratis. Saat ini ada juga sejumlah perguruan tinggi di Jerman mulai mengenakan biaya kuliah pada mahasiswanya, tapi masih lebih banyak yang menggratiskan. Memiliki mutu pendidikan baik dan gratis, inilah mengapa banyak calon mahasiswa memilih jerman sebagai tempat mengenyam pendidikan perguruan tingginya.

Menurut Konsul Jenderal Republik Indonesia di Frankfurt Jerman, Wahyu Hersiati , di Frankfurt Jerman “Dari sekitar 11.000 warga Negara Indonesia di Frankurt saja, sekitar 2.000 di antaranya mahasiswa yang menempuh pendidikan di berbagai perguruan tinggi di Jerman. Ini merupakan fakta bahwa Jerman Negara tujuan bagi calon mahasiswa.

jerman 500X500Hal tersebut diperkuat dengan pernyataan dari Arya Widyatmoko, Konsul Indonesia di Konsulat Jenderal Indonesia di Frankfurt mengatakan “saat ini ada juga sejumlah perguruan tinggi di Jerman yang mulai mengenakan biaya kuliah untuk mahasiswanya. Namun, lebih banyak perguruan tinggi di Jerman yang tidak memungut biaya. Karena itu, mahasiswa Indonesia setelah lulus, biasanya melanjutkan pendidikan hingga S-2 atau S-3. Alasannya, mumpung gratis”.

Dan perlu diingat bahwa mantan presiden Indonesia Bapak B.J Habibie pun merupakan salah satu bukti kesuksesan saat memilih Jerman sebagai Negara tujuan untuk mengenyam pendidikan. Ada banyak beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Negara yang terkenal dengan teknologi melalui Mercedez dan BMW ini bagi para calon mahasiswa yang memiliki semangat dan niat untuk maju dalam dunia pendidikan.

 

 

Sumber: Kompas.com

Image By: Google.com

Shares
Share This