Makanan Khas Cirebon Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Ternyata makanan khas Cirebon sangan banyak loh. Mungkin yang sudah terkenal hingga luar kota ialah empal gentong dan nasi jamblang yaah, dan pasti kalian mudah mendapatkannya walau bukan di Cirebon sekalipun.

Namun perlu kalian ketahui masih banyak kuliner Cirebon yang juga enak dan harganya terjangkau looh. Dan jika kamu amati ternyata kuliner di Cirebon itu sangat unik, karena letak Cirebon yang berada pada perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Kira-kira apa saja ya makanan khas Cirebon yang jarang diketahui banyak orang? Berikut ini Makanan Khas Cirebon :

1.     Nasi Jamblang

Tak lengkap rasanya jika berkenjung ke Cirebon tidak menccicipi makanan yang satu ini, apa lagi kalua bukan nasi jamblang, cara bungkusnya yang unik dengan daun jati berbeda dengan nasi liwet dari sunda yang dibungkus dengan daun pisang.

Penikmat kuliner biasanya akan disodorkan berbagai pilihan lauk seperti ikan asin, sate, aneka pepes, tahu sayur, tempe, dan masih banyak lagi. Selain itu makanan ini pun dijajakan dengan harga lauk yang sangat terjangkau mulai dari Rp 2000 HINGGA Rp 20.000

 

2.     Empal Gentong

Tak berbeda jauh dengan nasi jamblang, makanan yang satu ini juga tak kalah terkenalnya, karena aromanya yang khas karena dipanaskan dengan kayu bakar dan juga djajakan dengan tanah liat yang membuatnya semakin unik.

 

3.     Docang

Docang merupakan makanan khas Cirebon yang cukup popular di Bogor, Jawa Barat. Docang hampir mirip dengan kupat tahu Singaparna, Garut.

 

4.     Mi Koclok

Mi Koclok disajikan dengan irisan telur rebus, ayam suwir, tauge, serta tambahan daun. Kuahnya berwarna putih dan cukup kental. Mi koclok lebih nikmat di makan saat malam hari untuk makan penutup.

 

5.     Nasi Lengko

Nasi Lengko dipadukan dengan beberapa sayuran seperti tauge, daun bawang, timun, potongan tahu tempe. Ciri khas dari nasi lengko ini adalah di siram dengan kuah bumbu kacang yang jadi favorit para penyuka kuliner pedas.

 

6.     Tahu Gejrot

Di bagian belakang gerobaknya tersaji tahu-tahu yang sudah digoreng. Cara penyajiannya cukup unik karena biasanya disajikan dengan menggunakan cobek kecil berbahan tanah liat. Pedagangnya biasanya langsung mengulek bumbu kuah tahu gejrot yang memiliki rasa asam, manis, pedas dan sedikit rasa gurih.

 

7.     Sate Kentang

Boleh jadi ini salah satu kuliner inovatif yang cukup digemari warga lokal di Cirebon terutama anak muda. Sate kentang ini merupakan irisan kentang yang dibentuk secara spiral. Letak kenikmatannya berasal dari bumbu-bumbu yang menjadi pelengkap sate kentang.

 

8.     Empal Asem

Berbeda dengan empal gentong yang rasanya gurih dan segar. Empal asam punya rasa yang cocok dengan namanya. Rasa kuahnya asam tapi menyegarkan di mulut. Meskipun disebut empal asam tapi masih ada rasa gurih yang tersisa di lidah.

9.     Sate Kalong

Jangan berpikir bahwa sate kalong ini menggunakan daging kalong ya. Bukan, sate kalong ini menggunakan daging kerbau dan umumnya dijual pada malam hari. Itulah sebabnya sate ini dinamakan dengan sate kalong.

10. Bubur Sop Ayam

Bubur sop ayam ini mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Padahal bubur sop ayam ini termasuk salah satu makanan khas Cirebon yang unik dan wajib dicoba.

Perbedaannya bubur sop ayam Cirebon ini biasanya dinikmati warga lokal pada malam hari. Cocok untuk menikmati kuliner khas Cirebon yang tidak terlalu mengenyangkan.

 

11. Pedesan Entog

Pedesan entog adalah makanan dengan bahan dasar daging entog/menthok yang disiram dengan kuah ekstra pedas. Jadilah istilahnya pedesan entog. Rasa pedasnya bukan hanya kentara dari warna cabai merahnya tapi juga dari campuran bumbu merica dan rempah lainnya. Harga satu porsinya cukup murah hanya Rp 15.000 saja.

 

12. Rujak Kangkung

Rujak kangkung ini menggunakan kangkung yang sudah direbus. Kemudian disiram dengan bumbu rujak yang sudah dicampur dengan terasi khas Cirebon. Warna sambal rujaknya umumnya berwarna merah, berbeda dengan plecing kangkung yang menggunakan sambal kacang.

 

13. Kerupuk Melarat

Meskipun disebut dengan kerupuk melarat, kerupuk khas Cirebon ini rasanya cukup enak. Ada sensasi rasa manis dan gurih. Apalagi jika dinikmati dengan sajian bumbu kacang atau sambal degehnya yang terkenal pedas.

 

14. Tahu Kuning

Meskipun bukan berasal dari Cirebon, tahu Kuningan cukup populer di kota udang ini. Sekilas, tahu Kuningan hampir menyerupai tahu Sumedang. Warnanya cokelat dengan tekstur kulit luar yang kasar.

 

15. Ayam Guling

Nama Ayam Guling ini mungkin masih terdengar asing untuk sebagian orang. Padahal Ayam Guling ini termasuk salah satu makanan asli Cirebon yang unik dan wajib dicoba. Ayam Guling adalah makanan dengan bahan dasar ayam yang diolah dengan berbagai macam bumbu rempah dan dibaluri saus yang dibuat dengan resep rahasia. Menjadikan rasa Ayam Guling ini sangat spesial.

Shares
Share This