Nasi Timbel Kuliner Khas Sunda dari Kota Bandung

Cirebon Media – Kuliner yang terkenal di Kota Bandung sangatlah beragam, dari mulai makanan, jajanan kaki lima, minuman dan lain-lain. Kota yang sering disebut Kota Kembang ini juga memiliki tempat-tempat wisata yang terkenal akan keindahan dan kesejukannya. Pantas saja banyak wisatawan yang memilih Kota Bandung sebagai kunjungannya. Tentu tidak lengkap jika kita berwisata ke Bandung tanpa menjajah kulinernya.

Berbicara soal kuliner, Kota Bandung memiliki kuliner yang dapat membuatmu tergiur untuk mencobanya, salah satunya adalah nasi timbel. Nasi timbel adalah makanan tradisioanl asli dari kota Bandung, yang dalam bahasa Sundanya lebih dikenal dengan nama “Sangu Timeul”. Sebenarnya nasi timbel hanyalah berupa nasi putih atau nasi merah yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Nasi yang dibungkus dengan daun pisang ini akan memberikan aroma harum dan khas yang mampu menggugah selera. Nasi timbel ada 2 jenis, yang pertama adalah nasi timbel kukus dan yang kedua adalah nasi timbel bakar yang lebih lezat dan nikmat.

Dalam penyajiannya, nasi timbel disandingkan dengan beberapa lauk seperti ayam goreng atau bakar, tahu dan tempe goreng, jambal asin, gepuk atau empal, sayur lalapan mentah yang segar, ikan asin  dan sambal terasi yang mantap.

Bagi masyarakat Bandung sendiri, makanan yang satu ini biasanya dijadikan menu makan untuk piknik ataupun tamasya, karena nasi timbel komplit dapat mengenyangkan perut Anda yang sedang kelaparan. Dalam penyajian nasi timbel komplit biasanya disndingkan dengan minuman yang menyegarkan seperti segelas es teh atau beragam jenis minuman lainnya.

Makanan khas Sunda ini memang patut kamu coba. Dari tampilannya saja langsung membuat perut keroncongan. Nah.. jangan khawatir buat kamu yang ingin mencobanya, nasi timbel sudah banyak dijual dan tersedia di sebagian besar rumah makan Sunda yang ada di kota Bandung atau di sekitar wilayah Jawa Barat. Jadi, kamu bisa dengan mudah untuk membelinya. Tetapi untuk kamu yang tinggal jauh dari Kota Bandung, kamu bisa mencoba membuat sendiri di rumah, karena caranya cukup mudah.

Penulis: Helda Damayanti

 

Sumber: http://www.bukuresep.net/resep-nasi-timbel-komplit/

http://carabuatresep.blogspot.co.id/2016/10/cara-membuat-nasi-timbel.html

Shares
Share This