Docang Khas Cirebon Yang Memiliki Cita Rasa Istimewa

Cirebonmedia.com- Makanan khas Cirebon  yang satu ini memang tidak terlalu dikenal jika dibandingkan dengan empal gentong dan nasi jamblang. Sebelumnya, docang berasal dari bahasa Cirebon itu sendiri yaitu singkatan dari dua kata antara Bodo (baceman) yang terbuat dari oncom dage dan Kacang Hijau yang dijadikan Toge,  dan dipadukan dengan lontong, daun singkong, serta kerupuk yang di kolaborasikan dengan sayur Oncom Dage/Oncom Gembos yang terbuat dari ampas tahu dicampur sedikit bungkil kacang tanah sisa perasan dijadikan minyak yang disebut gempa (yang dihancurkan) dan ditambahkan dengan parutan kelapa muda.

Makanan ini memiliki rasa khas yang gurih dan nikmat jika disajikan dalam keadaan panas/hangat dan untuk harga relatif terjangkau semua kalangan. Lambat laun dengan segala kemajuan zaman dan perkembangan makanan cepat saji atau Fast Food, docang akan bergeser dan lambat laun akan jarang ditemui, untuk sekarang docang bisa dicari di Jl. Siliwangi, di pusat kota Cirebon.

 

Jika anda berniat atau tertarik untuk membuat kuliner khas Cirebon yang satu ini. Berikut adalah Resep Docang Cirebon, baik bahan-bahan maupun langkah Membuatnya:

Bahan Docang

Bahan-bahan yang diperlukan:
2 ikat daun singkong
1 ikat kangkung
150 gr tauge
500 cc air, untuk merebus sayur
4 butir bawang merah
4 buah cabai merah
1 sendok teh terasi
2 sendok makan minyak goreng untuk menumis
100 gr tempe, tumbuk halus
800 cc air atau kaldu
1 sendok teh garam (secukupnya)
1 sendok teh gula merah

Pelengkap:

4 buah ketupat
4 sendok makan bawang goreng
Kerupuk merah goreng
Sambal terasi

Cara Membuat Docang

Docang-smallPetik-petik daun singkong dan daun kangkung dan rebus hingga matang. Rendam toge dalam air bekas merebus sayur hingga layu, lalu tiriskan.
Ambil bawang merah, cabai merah dan cabai secukupnya, setelah itu ditumis hingga tercium aroma harum. Tambahkan tempe dan tuangkan air secukupnya, didihkan lalu bumbui dengan garam dan gula merah.

Jika akan menyajikan potong-potong ketupat, tambahkan sayuran secukupnya, kemudian siram atasnya dengan kuah tempe yang tadi di buat. Taburi bawang goreng, kerupuk merah, dan sambal terasi.

 

Makanan khas Cirebon yang satu ini, bisa menjadi rekomendasi utama untuk menu sarapan sebelum beraktivitas. Selain kenyang, kehangatan kuahnya dipercaya meningkatkan semangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

 

 

Image By: Google.com

Oleh: Sigit.P

Shares
Share This