Kunjungi Wisata Di Cirebon Yang Sedang Trend Di Akhir Pekan

Cirebonmedia.com- Akhir pekan merupakan hal yang sangat di tunggu oleh kita semua, karena hal tersebut merupakan  sesuatu yang dapat menghilangkan stress dan kejenuhan, akhir pekan dapat menjadi lebih bermakna, bagi kalian yang ingin liburan, ada beberapa lokasi yang sedang trend di Cirebon yang dapat menghilangkan kepenatan kalian :

Telaga Nilem

Telaga Nilem berada di Pesawahan Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Telaga Nilem atau telaga nilam masih sejalan dengan telaga remis, namun tidak jauh dari pintu masuk retribusi (karcis) kawasan wisata ini bisa diartikan lokasinya sebelum telaga remis. Telaga Nilem adalah salah satu mata air atau kolam alami yang berada di wilayah kabupaten Kuningan di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Air yang jernih dan sekitarnya hutan yang rimbun membuat lokasi wisata ini sangat asri. Kondisinya sepi dan tidak terlalu ramai. Dingin sekali karena masih wilayah pegunungan tepatnya masuk di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Dasar telaga (danau) ini adalah bebatuan dan kerikil yang banyak ditumbuhi ganggang dan lumut. Telaga Nilem masih boleh untuk dibuat renang, sedangkan beberapa telaga lain kebanyakan tidak diijinkan oleh pengelola dan pemuka adat setempat. Telaga nilem terdapat 2 kolam yaitu dangkal dan dalam. Dangkal sekitar 0-1,2 m, sedangkan yang dalam 0-4 m. Di dalam kawasan ini hanya ada 1 warung yang jualan makanan dan minuman namun tidak disediakan WC/kamar mandi. WC/kamar madi masih bisa menumpang di warung/ rumah penduduk di luar atau dekat parkiran kawasan wisata ini. Air yang segar dan udara sejuk dari rimbunan pepohonan di sekeliling telaga ini bisa membuat pikiran tenang dan damai.

Bumi Perkemahan Ipukan Cisantana Kuningan

Bumi Perkemahan (Buper) Ipukan ini terletak di kawasan TNGC Dusun Palutungan Desa Cisantana Kec. Cigugur Kab. Kuningan, Jabar, Buper Ipukan terletak di kaki gunung Ciremai Kuningan ketinggian 1200 – 1400 mdpl dengan luas sekitar 2 Ha. Buper Ipukan ini pilihan wisata sangat pas sekali untuk tempat berlibur, karena bumi perkemahan (buper) ini menawarkan kesejukan dan keasrian udara khas kaki gunung Ciremai,  buper Ipukan sangat cocok untuk aktivitas alam seperti berkemah atau sekedar ingin menghirup udara segar atau menghilangkan kepenatan loh sobat wisata, buper Ipukan Kuningan ini pun terdapat air terjun yang semakin menambah daya tariknya untuk sobat wisata berlibur kesana.

Salah satu wisata di Cirebon yang sedang menjadi trend

Terapi Ikan Linggarjati Kuningan

Tempat yang bernama Taman Kolam Terapi. Letaknya berada di Kecamatan Linggarjati, Kabupaten Kuningan. Tepatnya persis di seberang Wisata Alam Linggarjati atau sekitar 500 meter dari Gedung Naskah Perjanjian Linggarjati. Bukan hanya terapi, Anda juga dapat menikmati puluhan spesies tanaman atau fauna. Tamannya didesain menarik, berbentuk melingkar di tepian kolam serta di beberapa sudut taman. Fasilitasnya, sudah ada toilet dan gazebo. Kekurangannya, di beberapa sudut taman masih ada perbaikan, sehingga sedikit membuat pengunjung tidak nyaman. Belum lagi tidak tersedianya warung atau pedagang camilan. Anda pun harus membawa bekal makanan bila ingin bersantai dan menceburkan kaki untuk terapi di kolam. Anda tak perlu merogoh kocek. Di sini tidak ada biaya tiket masuk. Hanya saja, Anda perlu menyediakan biaya parkir. Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Bukit Seribu Bintang

Bukit 1000 Bintang merupakan tempat wisata panorama alam di ketinggian kaki gunung Ciremai. Letaknya di salah satu sudut Batu Luhur Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat. Karena itu, sebagian besar kawasan ini dikenal dengan Bukit 1000 Bintang Bukit Luhur. Di saat senja, panorama matahari berwarna jingga sangat memesona. Di sudut lain, tampak samar-samar suasana perkotaan. Bila malam hari, samar-samar akan berubah menjadi pemandangan gemerlapnya lampu perkotaan. Tak hanya itu, kelompok pengelola objek wisata ini bahkan telah menyediakan tempat penginapan. Meski ala kadarnya dengan tenda dan peralatan masak, para pengunjung akan semakin betah untuk berlama-lama ditempat ini.

Oleh: Shalom

Shares
Share This