3 Waktu Terbaik untuk Charge HP

Tidak dapat dipungkiri lagi, HP adalah gadget yang tak bisa kita lepaskan dari kehidupan sehari-hari. Berbagai macam komponen pembangun di dalamnya, baterai adalah salah satu komponen terpenting. Tanpa baterai, HP secanggih apapun tidak akan bisa hidup, ‘kan?

Mengingat baterai adalah komponen terpenting, menjaga daya tahan baterai juga sangatlah penting. Karena itu, kapan waktu yang baik untuk men-charge HP?

Waktu Terbaik Untuk Charge HP

Pastinya kamu tidak ingin smartphone kesayangan kamu cepat rusak ‘kan? Terutama dalam mengisi ulang baterai smartphone bukan hanya soal memasangkan kabel charger dari sumber daya ke port USB. Kamu harus tahu cara ngecas smartphone yang benar, termasuk waktu terbaik untuk melakukannya.

1. Saat Baterai Smartphone Sisa 10%

Waktu terbaik untuk mengisi ulang baterai smartphone adalah saat sisa baterai 10%. Pada saat ini baterai smartphone menuju habis, sehingga mampu menampung daya berkekuatan tinggi sekaligus untuk membuat proses isi ulang lebih cepat.

Hindari mengisi ulang baterai smartphone saat benar-benar habis, karena akan membuat proses isi ulang lebih lama. Dan juga akan sia-sia ngecas smartphone jika baterai masih penuh.

2. Charge Smartphone Saat Pagi

Lebih baik kamu ngecas smartphone di pagi hari sebangun tidur. Ngecas smartphone malam hari dan meninggalkannya saat tidur hanya akan membuatnya overcharging sehingga bisa memperpendek umur baterai smartphone kamu.

Kenapa pagi hari bisa jadi waktu terbaik untuk mengisi ulang smartphone? Soalnya kamu bisa mengisi ulang smartphone sambil kamu mandi dan menikmati sarapan sebelum menuju ke kantor atau kampus. Tanpa khawatir overcharging, kamu bisa fokus menikmati waktu pagimu dan mencabut charger sebelum berangkat.

3. Sesuai Kebutuhan

Mengisi ulang smartphone terlalu sering hanya akan membuat siklus baterai smartphone kamu cepat habis. Sebaiknya isi ulang sesuai kebutuhan, yakni saat baterai mau habis dan sisa 10%.

Saat baterai 10% dan diisi ulang jadi 100%, ini akan dihitung satu siklus. Begitu juga jika diisi ulang saat baterai masih sisa 60% lalu penuh jadi 100%, tetap dihitung satu siklus. Jelas ini tidak efisien, karena rata-rata baterai smartphone cuma memiliki 500-1.000 kali siklus baterai.

Itu dia waktu terbaik untuk charge HP. Jadi, masih mau sembarangan ngecas smartphone kamu? Supaya baterai smartphone kamu bisa berumur panjang, yuk mulai terapkan waktu terbaik ngecas smartphone ini dengan benar!

Sumber: Jalantikus

Shares
Share This