5 Bahasa Pemrograman Terpopuler di Tahun 2020

Bams Putra Bams Putra
  • 4 minggu
  • 125
  • 0

Bahasa pemrograman merupakan rangkaian kata-kata berupa perintah atau instruksi yang biasanya terdiri dari banyak baris yang bisa dimengerti oleh komputer. Bahasa pemrograman ini wajib dikuasai oleh seorang programmer agar dapat membangun sebuah aplikasi baik itu berbasis website, desktop ataupun mobile. Nah, untuk membuat aplikasi tersebut dibutuhkanlah sebuah bahasa yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang akan dibuat itu.

Jenis bahasa pemrograman ini sangat banyak. Dari sekian banyak bahasa pemrograman yang ada saat ini, tentu saja developer tidak menggunakan seluruh bahasa pemrograman yang ada. Mereka hanya menggunakan 1 atau 2 bahasa pemrograman dalam melakukan pembuatan atau pengembangan aplikasi.

Nah, berdasarkan hasil analisa PYPL dan TIOBE, bahasa pemrograman populer itu artinya seberapa sering bahasa pemrograman itu digunakan. PYPL memberikan posisi pertama ke Python.

Nah berdasarkan hasil penelitian PYPL, terdapat 10 Bahasa pemrograman terpopuler di tahun 2020, tetapi diartikel ini hanya akan dibahas 5 bahasa pemrograman diurutkan dari yang terpopuler.

1. Python

Nomor satu dalam daftar PYPL dan salah satu bahasa backend terbaik untuk tahun 2020.

Python berevolusi dari bahasa untuk menulis skrip otomatisasi atau aplikasi prototipe dengan cepat ke bahasa kelas satu untuk pengembangan web dan seluler.

Tidak mengherankan, Python adalah bahasa dengan sintaks yang konsisten, Standard Library yang seragam, dokumentasi terbaik, kerangka kerja ringan.

 

2. Java

Merek terbesar dunia menggunakan Java untuk membangun aplikasi web dan sistem web backend – Twitter, LinkedIn, Amazon, eBay.

Dan itu belum semuanya.

Java juga merupakan bahasa resmi untuk membangun aplikasi Android. Ini memiliki dukungan terbesar dari Google, dan sebagian besar aplikasi di Google Play store ditulis dalam Java.

 

3. Javascript

Javascript menjadi tren konstan selama beberapa tahun, tidak heran ia sampai ke bahasa pemrograman teratas untuk tahun 2020.

Bagaimanapun, JavaScript adalah dasar dari pengembangan front-end.

JavaScript umumnya digunakan untuk memperkaya halaman web dan menjadikannya interaktif. Menggunakan JS devs dapat menambahkan munculan, efek, dan bahkan game kecil ke aplikasi web.

4. C#

Variasi lain dari bahasa C dengan beberapa fitur Java di dalamnya.

C# adalah bahasa multifungsi yang memungkinkan para developer untuk membuat hampir semua hal – mulai dari aplikasi server hingga game mobile.

 

5. PHP

PHP banyak digunakan untuk layanan pengembangan web. Ini mendukung semua jenis situs web dan aplikasi web sebagai bahasa skrip sisi server.

Jadi kode PHP biasanya digunakan untuk membuat halaman web yang dinamis

 

Sumber Artikel :
Programming Language Rankings

Shares
Share This