Penduduk di kota-kota besar banyak yang tergantung dengan angkutan umum untuk melakukan aktivitas seperti berangkat dan pulang kerja, sekolah, berbelanja ke toko, mencari hiburan ke bioskop, menonton bola di stadion olahraga, dan lainnya. Penduduk memakai layanan transportasi umum untuk menghidari jalan macet karena kepadatan lalu-lintas kendaraan pribadi di kota-kota besar.Dibarengi dengan kemajuan teknologi dan bertambah banyaknya pengguna smartphone, hadirlah sebuah aplikasi bernama  Moovit yang dimana apikasi ini berguna untuk memudahkan pengguna aplikasi moovit dalam menemukan rute dan jadwal kereta bawah tanah dan bus kota.

Tentang Moovit

Penggunaan Aplikasi Moovit. Sumber: progress.com

Aplikasi Moovit sudah diluncurkan untuk perangkat mobile yang dijalankan dengan system operasi Android, iOS, dan Windows Phone. Aplikasi ini tersedia secara gratis. Saat ini, aplikasi Moovit telah diunduh lebih dari 80 juta pengguna di seluruh dunia. Mencakup data rute, jadwal dan pemberhentian seluruh moda transportasi lebih dari 1500 kota di 78 negara, serta didukung 48 bahasa. Namun sayang sekali di Indonesia hanya sedikit kota yg sudah terintegrasi dengan aplikasi ini.semoga kedepannya movit ini terus berkembang  karena aplikasi ini sangat bermanfaat.

Kenapa harus Moovit?

Dengan Moovit kita bisa mencari alternatif kendaraan umum saat kita membutuhkan. Selain itu kita bisa membantu teman-teman yang ingin berkendara menggunakan Transportasi Umum namun tidak mengetahui jadwal atau jenis moda yang harus digunakan.

Semakin banyak yang menggunakan Moovit akan semakin baik data yang dihasilkan Moovit. Itu dikarenakan adanya fitur dalam Moovit dimana para pengguna Moovit bisa memberi laporan mengenai keadaan atau kondisi dari bis/kereta yang sedang digunakan. Misalnya memberikan laporan kalau bis nya rusak, ada keterlambatan jadwal, AC tidak berfungsi dan lain lain, sehingga aplikasi moovit mengumpulkan data dari para pengguna

Tidak hanya mengenai kondisi kendaraan, tapi pengguna Moovit juga bisa melaporkan kondisi dari halte/stasiun. Kondisi halte/stasiun yang kotor, tidak tertata rapi bisa menyebabkan pengguna Transportasi Umum menjadi tidak nyaman.

Dengan aplikasi Moovit masyrakat jadi tahu naik angkutan umum mana saja untuk mencapai tujuan terutama untuk orang luar kota yg belum mengenal angkutan umum di kota yang ia kunjungi

Fitur apa saja yang ada pada Moovit ?

  1. Fitur Live Directions digunakan untuk memandu pengguna Moovit naik transportasi umum langkah demi langkah.
  2. Fitur Get Off Alert digunakan untuk mengingatkan pengguna saat turun di tujuan yang telah ditentukan. Pengingatnya berupa notifikasi di smartphone pengguna.
  3. Fiitur Nearby Stations digunakan untuk memudahkan melihat lokasi halte atau stasiun atau tempat ngetem terdekat.

Apa kekurangan Moovit?

saat ini Moovit belum terintegrasi dengan kota kota kecil hanya kota kota besar saja. dan untuk di Indonesia Moovit baru terintegrasi dengan 6 kota contohnyah adalah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan lainnya. untuk kota kesar yang lainnya seperti Cirebon belum terintegrasi dengan Moovit.

Mari Bersama-sama kita menggencarkan penggunaan Transportasi Umum.

Sumber: Teman Moovit

Shares
Share This