Fuji Xerox dan Astragraphia Perkenalkan Teknologi 3D Printing Data Format dan Tabletop Telepresence

Cirebonmedia.com-  Astragraphia dan Fuji Xerox pada Global Press Conference yang berlangsung di Tokyo, Jepang memperkenalkan jajaran layanan inovasi cetak dokumen dan teknologi digital terkini sebagai solusi bisnis masa depan. Inovasi dan teknologi baru yang dibawa bersama oleh Fuji Xerox dan Astragraphia, sebagai distributor eksklusif di Indonesia, ini lah yang memberikan added value bagi mitra bisnis sehingga manajemen pengelolaan dokumen pun bisa menjadi sumber revenue penting bagi mitra bisnis.

Hasil inovasi terbaru lainnya dari Fuji Xerox adalah 3D Printing Data Format, FAV yang terus dikembangkan oleh Fuji Xerox dan Hiroya Tanaka selaku profesor dari Keio University Shonan–Fujisawa Campus. 3D Data Format yang dikenal dengan istilah FAV (Fabricatable Voxel) ini mampu untuk menghasilkan objek 3D termasuk struktur internal, warna, material, dan koneksi yang lebih baik. Dengan pengembangan printer 3D, beberapa dari model terkini memungkinkan pengguna untuk memproduksi objek dengan struktur yang rumit, full color dan dipenuhi dengan beragam material.

Selain 3D Printing Data Format, FAV, Fuji Xerox juga terus berinovasi untuk membuat solusi menarik lewat R&D center mereka, FX Pal,yang berlokasi di Silicon Valey, Amerika Serikat.Nah, salah satu hasil inovasi FX Pal Tabletop Telepresence. Singkatnya, perangkat ini bisa menyulap meja kerja menjadi layar sentuh yang terkoneksi dengan perangkat lainnya.

Arifin Pranoto, Direktur PT Astra Graphia Tbk,  menjelaskan, “Sebagai distributor eksklusif Fuji Xerox di Indonesia, komitmen prisipal kami untuk memberikan perhatian khusus pada riset dan inovasi, tentunya seiring dengan visi Astragraphia untuk menjadi perusahaan penyedia solusi dokumen nomor satu di Indonesia yang selalu siap membatu mitra kami dalam mengimplementasikan teknologi dan inovasi terkini dari Fuji Xerox.”

Tabletop Telepresence
Tabletop Telepresence

Selain memperkenalkan jajaran inovasi produk dan solusi terbaru, Fuji Xerox juga menginformasikan hal apa saja yang dihasilkan di Suzuka Center Fuji Xerox Manufacturing, yang berlokasi di Suzuka-shi, Mie, Jepang. Di pabrik tersebut, dijalankan tiga fungsi, yakni untuk pembuatan LED print head, IH fuser serta menjadi tempat untuk menghasilkan produk rekondisi (recyling).

Pabrik yang dibangun pada tahun 2010 tersebut memiliki total tenaga kerja 1.621 orang per Januari 2016. Dimana sebanyak 200 orang di antaranya ditempatkan di lini recyling untuk menghasilkan perangkat daur ulang berkualitas. Per bulan, total produk yang diterima Fuji Xerox di pabrik rekondisinya ini bisa mencapai 800 unit multifungsi device (MFD). Perangkat ini ada yang berasal dari hasil penggunaan pelanggan yang menyewanya atau berasal dari program trade-in (pertukaran), dimana pelanggan ingin melakukan upgrade ke perangkat yang lebih baru.