Ternyata Aplikasi Bawaan iOS 10 Ini Dapat di Hapus

Cirebonmedia.com iOS 10 sudah resmi dirilis. Seperti yang dijanjikan, OS mobile terbaru Apple tersebut hadir dengan berbagai fitur baru. Yang di sinyalir sebagai iOS paling stabil untuk platfrom smartphone iPhone dan iPad, dengan berbagai fitur baru yang di keluarkan oleh pihak Apple.

Salah satu fitur yang paling ditunggu, boleh jadi, adalah diizinkannya pengguna untuk menghapus aplikasi bawaan (stock) atau biasa dikenal dengan istilah bloatware. Total ada 23 aplikasi yang bisa dihapus pengguna.

Ke-23 aplikasi tersebut yang di klarifikasi oleh pihak Apple adalah:

  1. Calculator
  2. Calendar
  3. Compass
  4. Contacts
  5. FaceTime
  6. Find My Friends
  7. Home
  8. iBooks
  9. iCloud Drive
  10. iTunes Store
  11. Mail
  12. Maps
  13. Music
  14. News
  15. Notes
  16. Podcasts
  17. Reminders
  18. Stocks
  19. Tips
  20. Videos
  21. Voice Memos
  22. Watch app
  23. Weather

Fitur baru tersebut akan membantu pengguna yang memiliki iPhone, iPad, atau iPod Touch dengan media penyimpanan berkapasitas tidak terlalu besar. Meski begitu, menurut Apple, ke-23 aplikasi tersebut sebenarnya tidaklah terlalu membebani media penyimpanan. Semua aplikasi tersebut hanya menghabiskan 150 MB. Cara menghapus aplikasi sangat mudah. Pengguna tinggal menahan jari di aplikasi yang ingin dihapus. Kemudian, icon-icon aplikasi akan mulai “bergoyang” dan muncul tombol “X” di kiri atas. Tinggal tekan tombol “X” tersebut, aplikasi akan langsung terhapus. Ya, cara penghapusan aplikasi bawaan tersebut sama persis dengan cara menghapus aplikasi lainnya.

iOS 10
iOS 10

Aplikasi seperti Phone dan Wallet tidak bisa dihapus karena penting untuk berjalannya sistem. Jika suatu saat berubah pikiran, pengguna bisa mengunduhnya kembali melalui App Store. Caranya cukup memasukkan nama aplikasi yang dicari, App Store bakal langsung menampilkan aplikasi tersebut. Ada beberapa catatan yang diberikan oleh Apple untuk fitur ini. Salah satunya, jika pengguna memutuskan untuk menghapus Contact, informasi kontak akan tetap ada di aplikasi Phone. Selain itu, jika pengguna menghapus aplikasi FaceTime, fitur tersebut akan tetap berjalan di fitur Contact dan Phone.  Apabila aplikasi iBooks, Maps, Music, atau Podcast dihapus, data dari ketiganya tidak akan bisa digunakan di CarPlay. Terakir, jika pengguna memutuskan menghapus aplikasi Watch dan sebelumnya sudah menghubungkan perangkat dengan Apple Watch, akan ada sebuah peringatan yang meminta pengguna unpair kedua produk sebelum menghapus aplikasi.

Sumber: Kompastekno

Shares
Share This