Mirrorless, Kamera Masa Depan

Cirebonmedia.com – Istilah “interchangeable lens camera” (ILC) atau kamera dengan lensa yang dapat diganti – ganti identik dengan kamera DSLR berikut jajaran lensa berukuran besar dan berat. Namun tidak semua ILC dapat digolongkan sebagai Digital Single-Lens Reflex (DSLR). Belakangan ini telah sangat populer ILC jenis baru yang ukurannya jauh lebih ringkas. Jenis kamera ini biasa dikenal dengan istilah Kamera Mirrorless. Kamera Mirrorless yang berarti “tanpa cermin” sejatinya adalah DSLR yang saja dihilangkan bagian pemantul cahayanya (mirrorless). Tanpa mirrorbox yang berfungsi membelokkan cahaya dari lensa ke jendela bidik optik, ukuran kamera mirrorless dibuat jauh menciut dibandingkan DSLR, namun tetap mempertahankan kualitas tangkapan gambar dan lensa yang dapat diganti.

Mirrorless secara teori memiliki potensi yang sangat bagus dan bisa mengatasi banyak permasalahan di sistem DSLR. Namun masih akan dibutuhkan banyak iterasi dan koreksi dari sistem kamera mirrorless yang ada untuk sampai kesana. Diatas kertas, apa saja keuntungan kamera mirrorless dibandingkan kamera DSLR:

Ukuran Lebih Ringkas

Karena susunan cermin dan pentaprisma di DSLR yang menyita banyak ruang, sebuah kamera mirrorless tanpa keduanya bisa memiliki bentuk yang lebih ringkas dan material body yang lebih sedikit, sehingga bobot kosongnya lebih ringan. Populernya fotografi dengan smartphone mengajarkan produsen kamera, bahwa orang akan lebih banyak memotret kalau kameranya tidak ribet dan bisa dibawa kemana-mana.

Tanpa Mekanisme Yang Bergerak: Cermin

Tanpa ada cermin yang selalu mengayun membuka dan menutup, sebuah kamera mirrorless memiliki banyak keuntungan: lebih senyap, mengurangi shake, tiak ada kolom udara yang bergerak sehingga debu tidak terbang kemana – mana, berpotensi memiliki fps jauh lebih tinggi karena tidak melibatkan komponen bergerak.

Kamera masa depan
Kamera masa depan

Live Preview

Dengan kamera mirrorless kita bisa memperoleh live preview dengan gambar yang sama persis dengan hasil akhir foto, apa yang kita lihat di preview adalah apa yang akan kita dapatkan. Anda mengubah white balance, ISO atau yang lain, semua akan serta merta terlihat dipreview.

Viewfinder Elektronis (EVF)

Memang EVF masih kurang responsif sampai detik ini, namun seiring dengan waktu mereka akan sempurna dan lebih bagus dibanding viewfinder optik (OVF). Beberapa keuntungan EVF adalah bisa ditumpuk informasi lain sambil menyusun foto, live preview yang akurat karena langsung diambil dari sensor, focus peaking untuk manual fokus yang super akurat.

Seiring dengan riset dan kemajuan teknologi yang dipakai, pada 6 tahun kedepan kamera mirrorless akan makin canggih dan sangat menggoda dimiliki. Memang tidak semua orang akan tertarik dengan bentuk kecil dan ringkas, dan mereka yang gemar lensa super tele jumlahnya cukup banyak. Namun pengguna mirrorless akan makin signifikan, karena bentuk, bobot dan fitur yang ditawarkan memang menawan.

Shares
Share This