Google Cardboard Teknologi Canggih yang Ramah Lingkungan

Cirebonmedia.com- Seiring kemajuan zaman yang kian pesat banyak bermunculan teknologi teknologi canggih dan mewah. Biasanya suatu perangkat yang memiliki teknologi canggih identik dengan barang mewah dan harga yang mahal. Tak heran bila saat ini perkembangan teknologi canggih baru mencakup kalangan masyarakat menengah ke atas karena harganya yang terbilang masih cukup mahal.

Tapi saat ini ada juga perangkat berteknologi canggih yang dibuat dengan bahan baku yang murah dan mampu memberikan kesan unik dan go green bagi para pemakainya. Google lah salah satu perusahaan yang sangat concern akan hal tersebut. Selain dikenal sebagai perusahaan teknologi yang menyajikan produk-produk mewah berteknologi tinggi, Google juga memberikan perhatian terhadap perkembangan produk-produk teknologi yang unik dan ramah lingkungan. Yaitu teknologi terbaru besutan Google yang diberi nama Cardboard.

Google Cardboard memiliki bentuk yang terlihat unik dan agak membuat Anda ragu akan kecanggihan teknologinya. Cardboard besutan Google ini bisa disebut sebagai kacamata kardus yang mampu menyajikan konsep visualisasi 3 dimensi 3D seperti perangkat headset Oculus Rift yang lebih rumit dan mahal. Google mulai memperkenalkan produk Cardboard ini pada peserta konferensi Google I/O di San Fransisco pada pertengahan Juni 2014. Cardboard memiliki konsep berupa kardus dengan potongan berpola yang tinggal dilipat seperti membuat origami. Cardboard sebenarnya tidak memiliki perangkat display canggih untuk memproyeksikan gambar 3D ke mata Anda.

Perangkat ini hanya terdiri dari seperangkat kardus berpola dengan dua lensa yang akan digunakan untuk memproyeksikan tampilan smartphone Android Anda ke dalam bentuk 3D. Yang harus Anda lakukan adalah menempelkan smartphone Android Anda dengan posisi layar yang menghadap ke arah lensa Cardboard. Namun tidak semua smatrphone cocok digunakan pada Cardboard, karena Google mendesain Cardboard untuk smartphone Nexus 5 yang juga merupakan smartphone buatan Google. Agar dapat menggunakan Cardboard, jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Cardboard di Play Store terlebih dahulu. Untuk mulai menjalankan berbagai aplikasi demo dengan menggunakan Cardboard, gerakkan saja mata Anda ke kiri dan ke kanan, maka sensor smartphone secara otomatis akan menerjemahkan gerakan mata Anda dan menyesuaikan perubahan tampilan menu pada layar.

 

Google Cardboard 500X500
Image By: Google.com

Selanjutnya, menu pilihan Anda akan di highlight dan bisa segera Anda jalankan dengan menggeser magnet bulat yang terdapat di sisi samping Cardboard. Dengan menggeser magnet tersebut ke arah bawah, smartphone akan segera menerjemahkan perintah Anda sebagai klik pada menu yang telah anda pilih. Saat Anda melepas jari Anda dari magnet bulat tersebut, magnet akan bergerak kembali ke posisi semula karena bertolakan dengan kutub magnet yang terdapat di bagian bawahnya.

 

Seperti teknologi virtual reality lainnya, aplikasi Cardboard akan menyajikan dua buah gambar pada smartphone, 1 untuk mata kiri dan 1 untuk mata kanan. Otak Anda akan secara otomatis menyatukan penglihatan tersebut dan memberikan Anda visualisasi sebuah tampilan yang utuh.

 

Menggunakan Cardboard sama seperti menjelajah ke dunia baru. Anda dapat menikmati pemandangan virtual reality yang mengagumkan dan tampak nyata hanya dengan menggerakan mata ke kiri-kanan, atas-bawah atau berputar 3600.

 

Ternyata menggunakan teknologi canggih tak harus mahal dan rumit ya. Ini sudah dibuktikan dan difasilitasi Google dengan menyediakan konsep virtual reality dalam bentuk Cardboard yang unik, keren dan go green.

Shares
Share This