Membuat Marketing Plan

Cirebonmedia.com- Suksesnya sebuah perusahaan pasti terlihat dari kepiawaian sang pemilik menciptakan Marketing Plan bagi perusahaannya. Marketing plan merupakan ujung tombak perusahaan sebagai penentu kesuksesan suatu produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Marketing plan (rencana pemasaran) adalah suatu bagan dari suatu desain untuk mencapai suatu tujuan. Tujuannya adalah untuk menciptakan nilai bagi konsumen dalam kondisi tetap menguntungkan perusahaan, atau dalam konsep pemasaran saat ini, suatu hubungan yang saling menguntungkan. Meskipun business plan Anda secara umum menguraikan seluruh aspek bisnis, marketing plan tetap punya fokus khusus, dan secara lebih rinci, hanya pada satu fungsi. Ketika pemilik bisnis ingin lebih detail pada strategi pemasaran, mereka mungkin akan menyusun rencana secara rinci yang menguraikan tujuan pemasaran mereka serta langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapainya.

Untuk itu berikut adalah cara yang bisa Anda pakai untuk menyusun marketing plan:

Membuat Executive Summary

Anda harus menjelaskan garis besar tentang seluk beluk perusahaan yang Anda jalankan dalam marketing plan yang dibuat. Hal ini untuk memastikan bahwa pelanggan maupun semua pihak yang bekerja sama dengan Anda paham tentang perusahaan Anda.

Menentukan target konsumen

Target konsumen harus ditentukan pada marketing plan yang Anda buat. Hal ini berguna agar perusahaan Anda mampu memasarkan produknya kepada pelanggan dengan baik dan tepat sasaran. Semakin spesifik, maka semakin mudah pula dalam menarik perhatian konsumen sasaran Anda. Penelitian kecil seputar customer behavior juga bisa Anda lakukan karena akan berguna untuk mengoptimalkan kegiatan marketing Anda.

Marketing plan
Marketing plan

Menjelaskan Unique Selling Preposition

Jelaskan dengan seksama apa saja yang menjadi keunikan dari produk yang Anda jual. Dengan adanya USP tentang produk maupun jasa yang dijelaskan pada marketing plan, pembanding antara produk dari perusahaan Anda dengan produk dari pesaing lain akan semakin jelas di mata konsumen maupun pihak yang bekerja sama dengan Anda.

Merencanakan dengan jelas kegiatan distribusi yang akan dilakukan

Setelah harga dan positioning ditentukan, selanjutnya Anda dapat merencanakan kegiatan distribusi yang akan dilakukan untuk menjual produk tersebut. Anda dapat memilih media berjualan atau kegiatan penjualan seperti apa yang cocok untuk dilakukan pada produk yang Anda tawarkan. Ini adalah salah satu langkah dalam marketing plan yang jangan sampai terlewatkan.

Sumber: Belonomi

Shares
Share This