Jenis-Jenis Bus Berdasarkan Ukuran, Pengunaan dan Kelas

Bus Kota Transjakarta. Sumber: beritasatu

Transportasi merupakan tulang punggug perekonomian dan mobilitas penduduk suatu negara. Transportasi masal yang banyak diminati masyarakat Indonesia adalah jenis angkutan bis.

Secara garis besar pembagian jenis angkutan bis dapat dibagi menjadi tiga berdasarkan ukuran kendaraan, Penggunaan, dan kelas/fasilitas bis.

Jenis Jenis Bus Berdasarkan Ukuran


1. Big Bus

Yang dimaksud dengan Big Bus adalah kendaraan angkutan penumpang dengan kapasitas penumpang antara 45 sampai dengan 60 penumpang termasuk pengemudi. Ukuran Big Bus umumnya adalah panjang 12500 x Lebar 2500 x Tinggi 3200 mm*.

2. Medium Bus

Medium bus dirancang untuk angkutan penumpang dengan kapasitas antara 27 sampai dengan 34 penumpang termasuk pengemudi.Ukuran Medium bus umumnya adalah panjang  7500 x Lebar 2200 x Tinggi 3000 mm*.

3. Micro Bus/Mini Bus

Adapun Micro Bus adalah kendaraan angkutan penumpang dengan dengan kapasitas penumpang antara 15 sampai dengan 22 orang termasuk pengemudi. Ukuran Micro bus pada umunya panjang 5500 x Lebar 1700 x Tinggi 2600 mm*.

*Ukuran tergantung pada chassis dan karoseri yang digunakan

Jenis Jenis Bus Berdasarkan Jarak Tempuh


1. Bus Kota

Merupakan bus yang digunakan didalam kota untuk angkutan yang sifatnya untuk pelayanan jarak pendek sehingga biasanya diperlengkapi tempat berdiri sehingga dapat memuat penumpang dalam jumlah yang lebih banyak.

2. Bus Antar Kota

Merupakan bus yang digunakan untuk perjalanan jarak jauh sehingga diperlengkapi dengan kursi untuk setiap penumpang. Bus dapat diperlengkapi dengan berbagai fasilitas diantaranya pendingin udara, toilet, TV dan berbagai fasilitas lainnya. Bus antar kota ini terbagi 2 jenis lagi yaitu Bus Antar Kota Dalam Provinsi dan Bus Antar Kota Antar Provinsi.

3. Bus Pariwisata

Merupakan bus yang digunakan untuk perjalanan jarak jauh untuk pariwisata dan biasanya sehingga diperlengkapi dengan kursi yang nyaman untuk setiap penumpang. Bus dapat diperlengkapi dengan berbagai fasilitas diantaranya pendingin udara, toilet, TV dan berbagai fasilitas lainnya. Perjalanan wisata bisa berlangsung mulai dari hanya beberapa jam sampai dengan beberapa hari untuk tour jarak jauh, bahkan dapat dilakukan antar negara ataupun antar benua.

Jenis Jenis Bus Berdasarkan Fasilitasnya (Kelas)


1. Ekonomi

Dikelas ekonomi ini anda akan menaiki BIS dengan seat / kursi 3 -2. di kelas ekonomi ini anda tidak bisa menikmati fasilitas BIS seperti AC , Reclining , atau pun Footrest , karena biaya yg dikeluarkan untuk naik BIS dengan kelas EKONOMI ini pun terbilang murah .

2.  AC Ekonomi

untuk di kelas yg ini hampir sama dengan kelas ekonomi hanya saja ada fasilitas tambahan yaitu AC .

3.  Bisnis RS/Patas non AC

Untuk di kelas yg ini anda sudah bisa menikmati fasilitas BIS seperti RS ( Reclining Seat ). apasi RS itu? mungkin anda pernah naik BIS dan kursi di BIS itu bisa di maju mundurkan di buat sandaran, nah itu nama adalah Reclining Seat .

4. Bisnis AC/Patas AC

Untuk di kelas yang ini anda sudah bisa menikmati fasilitas AC dan Reclining Seat menjadi 1 dalam BIS . dan tentunya tiap perusahan mempunyai kebijakan masing-masing ada yg memasang seat 3-2 dan 2-2 .

5. VIP Class

Fasilitas tambahan yg biasa ada di kelas ini yaitu selimut, makan prasmanan. Jumlah seat yg ada pada kelas ini biasanya berjumlah 32 – 40 seat , tergantung tiap perusahaan berbeda – beda dalam menerapkan jumlah seat dalam 1 bus .

6. Executive Class

Untuk kelas Executive ini kalian bisa menikmati fasilitas tambahan seperti legrest/footrest(sandaran kaki) ,snack .
malah ada beberapa perusahan bus yg sudah memberi fasilitas WIFI pada setiap Busnya.

7. Super Executive Class

Untuk kelas ini anda  akan menduduki seat dengan konfigurasi 2 -1 dengan seat yang sangat nyaman yang sangat empuk. Hanya beberapa perusahaan bis yg mempunyai kelas ini di bisnya.

Kelas-kelas bus tersebut biasanya diterapkan pada bus pariwisata dan antar kota, untuk bus kota memiliki kelasnya tersendiri biasanya bis kota memiliki fasilitas seat yang menempal ke dinding samping bus dan ditengahnya dilapangkan untuk tempat berdiri.

 

Sumber: karoserimageda.blogspot.co.id, wikibooks.org, Kaskus(@Zentric)
Dikutip dan diedit oleh: Nurfadhilah, SMKN 1 Palasah
Shares
Share This