Gas Nitrogen yang Memiliki Kelebihan Menjaga Peforma Ban

Cirebonmedia.com– Saat ini banyak ditemui jasa pengisian nitrogen pada ban disekitar SPBU di Cirebon salah satunya di jalan tuvarev kota Cirebon . Penggunanya pun tak sedikit, mulai dari roda empat hingga kendaraan roda dua. Biasanya, ban berisi angin nitrogen ditandai dengan tutup pentil berwarna hijau.

Mengisi angin ban dengan nitrogen memang memiliki kelebihan, yaitu ban tidak mudah panas Hal itu terjadi karena ban yang telah berisi nitrogen memiliki molekul lebih besar dibandingkan dengan ban yang berisi angin biasa, dikarenakan ukuran molekul yang lebih besar sehingga membuat ban tidak mudah kempis dan panas.

Dengan menggunakan nitrogen sebagai pengisi ban kendaraan juga membuat pengguna merasakan kenyamanan lebih dalam berkendara karena gas nitrogen dapat menjaga elastisitas ban sehingga kelenturan karet semakin terjaga serta pantulan redaman kendaraan dari permukaan jalan sedikit teredam oleh gaya pantul dan peredam getaran yang ditimbulkan oleh ban.

Beberapa keuntungan lain dari menggunakan nitrogen yakni, tekanan ban terjaga lebih lama, daya cengkram dan kinerja ban menjadi optimal, memperpanjang umur pakai ban ketirusan ban akan merata, kemudian karet ban tidak mudah teroksidasi , dan tidak menimbulkan karat pada ban.

Dari beberapa keuntungannya, menggunakan nitrogen terdapat pula beberapa kelemahan. Salah satunya yaitu kendaraan harus sering digunakan. Jika tidak digunakan beberapa hari, maka tekanan udaranya akan cepat menurun.

nitroGas nitrogen di dalam ban tersebut akan cepat keluar karena pengaruh udara di luar yang lebih dingin, tidak bisa sembarangan menambahkan tekanan angin dengan angin biasa. Serta biaya pengisian yang relatif lebih mahal.

Mungkin dengan adanya tempat pengisian gas nitrogen untuk ban, hal tersebut dapat membantu masyarakat dalam menjaga peforma ban serta ban akan bertahan lebih lama karena kelebihan yang dimiliki oleh gas nitrogen. Karena ban adalah salah satu bagian penting dari sebuah kendaraan bermotor yang harus dijaga dan dirawat dengan baik demi performa kendaraan dan juga keselamatan bagi pengendara.

 

 

Oleh: Harja

Image By: Harja/ Cirebon Media

 

Shares
Share This