Ini Alasannya Lagu Galau juga Bisa Buat Bahagia.

lagu-galau
lagu-galau

Saat suasana hati kita sedang sedih ataupun mood kita sedang down, kita akan lebih memilih mendengarkan lagu galau ataupun mellow. Namun, apakah lagu galau benar-benar pilihan yang tepat untuk didengarkan saat kondisi mental sedang terpuruk?

Pakar musik, Kay Norton, dalam penelitiannya pada tahun 2014 mengungkapkan bahwa musik yang mendayu-dayu dengan lirik sedih menjadi favorit untuk didengarkan saat putus cinta karena bisa menggambarkan kesedihan kita.

Mendengarkan lagu galau bukan cuma membuat kita larut dalam kesedihan, tapi juga menyingkirkan rasa sedih. Lewat lirik lagu sedih tersebut, kita bisa melepaskan emosi dengan menangis ataupun melakukan hal lain untuk mengekspresikannya. Dengan melepaskan emosi tersebut kita bisa terhindar dari emosi negatif dan stres.

Lagu galau juga ternyata memiliki potensi untuk mengatur mood dan emosi negatif, serta memberikan kita hiburan. Yang berarti lagu galau juga merupakan salah satu peran dalam kebahagiaan kita.

Dikutip dari Psychology Today, beberapa dampak yang akan muncul Saat kita mendengarkan lagu mellow atapaun galau antara lain :

1. Lagu melankolis yang indah dapat menjadi alat yang baik untuk mengungkapkan ekspresi sedih Anda. Sebuah teori mengungkapkan ketika emosi negatif Anda muncul, seperti sedih, ada sebuah mekanisme dalam otak yang terpicu untuk menghambat reaksi dari perasaan tidak senang. Jadi perasaan sedih Anda tidak akan berlarut-larut.

2. Pendengar musik menyadari perbedaan antara realitas dan apa yang digambarkan dalam lagu. Perbedaan ini memungkinkan pendengar merasakan emosi negatif dalam pikirannya, tanpa membuatnya berperilaku negatif.

3. Ketika mendengarkan lagu sedih, pendengarnya akan mengungkapkan ekspresinya dengan melepaskan kesedihan yang ia rasakan. Tidak dengan sebuah tindakan negatif, tapi bisa dengan merenung atau kemudian meminta bantuan orang lain untuk menyemangatinya.

4. Dengan mendorong kita melakukan refleksi terhadap diri sendiri, lagu galau bisa membantu pendengarnya menggunakan penilaian positif untuk memecahkan masalah dan meningkatkan pendewasaan pribadi.

5. Lagu galau atau sedih bisa mempengaruhi pendengarnya keluar dari masalah atau kesulitan yang ia hadapi. Perasaan trauma atau sedih ketika mendengarkan lagu galau, akan mengingatkannya bahwa ia pernah menghadapi masalah yang lebih buruk dan nyatanya ia masih baik-baik saja.

6. Bersamaan dengan rasa sedih, musik melankolis bisa membuat pendengarnya mendapatkan emosi positif seperti perasaan sayang dan empati. Perasaan tersebut bisa membuat pendengarnya berperilaku baik dan positif, serta membuatnya puas karena bisa lepas dari perasaan sedih tersebut.

Meskipun mendengarkan lagu sedih bisa membuat perasaan lebih nyaman, sebaiknya jangan terlalu lama mendengarkan lagu dengan nuansa galau ini. Ketika Anda sudah merasa lebih baik, segera dengarkan lagu-lagu yang lebih fun, karena dengan mendengar lagu yang ceria maka kebahagiaan pun akan meningkat.

Shares
Share This