3 Nutrisi Penting untuk Pelari

Lari merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat digemari oleh banyak orang. Hal tersebut dikarenakan olahraga ini memang cukup mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja. Kepraktisan dari olahraga ini memang cukup membantu dan bermanfaat, sampai-sampai banyak yang mengatakan jika olahraga lari merupakan cara sehat yang paling mudah.

Namun, walau cukup mudah, faktanya sampai saat ini tidak sedikit orang yang merasa kesulitan dalam berlari karena fisik yang tidak memadai. Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang menjadi tidak terlalu prima dalam olahraga lari. Salah satunya adalah nutrisi yang didapat dari makanan. Makanan yang dikonsumsi bisa memicu kerja otot dan sistem jantung dan paru, baik selama berlari ataupun di masa pelatihan. Meski ada banyak nutrisi yang bisa dikonsumsi, tiga rangkaian nutrisi ini umumnya memiliki efek paling besar terhadap performa pelari, adalah :

1. Karbohidrat

Nutrisi pertama yang harus tercukupi oleh pelari adalah karbohidrat. Jika kita berlari dengan jarak yang jauh dan itensitas tinggi, namun hanya diimbangi dengan karbohidrat yang rendah, maka itu sama saja dengan mengendarai suatu mobil tanpa memakai bahan bakar.

Meskipun kita sudah mengkonsumsi minuman berenergi, namun asupan karbohidrat yang paling baik yaitu bersumber dari makanan alami yang mengandung gizi. Makanan yang paling banyak mengandung karbohidrat yaitu seperti ubi jalar, nasi, gandum, dan masih banyak lagi.

2. Zat Besi

Nutrisi yang harus dipenuhi selanjutnya yaitu zat besi. Zat besi memiliki peran penting untuk membantu pembentukan sel darah merah, yang mana selanjutnya akan membawa oksigen ke dalam otot tubuh.

Saat berlari, otot akan bekerja dengan keras. Sehingga membutuhkan asupan zat besi yang cukup. Sumber-sumber makanan yang paling banyak mengandung zat besi adalah jenis kacang-kacangan, daging merah, ikan, tahu, dan bayam.

3. Sodium

Nutrisi yang ketiga adalah sodium, seorang pelari sangat  memerlukan sodium ketika berlari. Hal ini karena sodium memiliki peran penting pada saat berlari, yaitu sebagai pemenuh kebutuhan  cairan tubuh.

Bagi orang yang memiliki keringat asin, sodium merupakan kebutuhan penting yang harus terpenuhi. Ciri-ciri orang yang memiliki keringat asin yaitu ketika keringat yang keluar dari area muka mengenai mata, maka mata akan terasa perih.

Sumber makanan dan minuman yang mengandung sodium adalah keju, roti, sup, dan jenis minuman berenergi.

Demikian ke-3 nutrisi yang harus dipenuhi oleh para pelari aktif dan rutin. Jangan karena ingin hidup sehat, tapi melalaikan kebutuhan nutrisi di dalam tubuh. Karena tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menjaga ketahanan tubuhnya.

Shares
Share This