Cirebonmedia.com Buah alpukat merupakan buah yang sangat populer di Indonesia. Selain rasanya yang sangat enak, buah alpukat juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Buah alpukat yang sudah masak biasa dijadikan jus, atau dimakan begitu saja bersama gula dan madu.

Tahukah anda Dalam sebuah alupkat atau yang memiliki nama ilmiah Persa Americana mengandung 11 vitamin dan 14 mineral yang bermanfaat bagi tubuh kita , Alpukat kaya akan protein, riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), potasium (kalium), dan vitamin C. Selain itu, buah alpukat juga mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan kolesterol dan sangat baik bagi kesehatan  otak.

Namun, bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat. Biji dan daun alpukat juga sering dijadikan sebagai bahan untuk pengobatan tradisional. Misalnya untuk mengobati kencing batu, darah tinggi, sakit kepala hingga diabetes.

Untuk pengobatan kencing manis, Biji Alpukat dapat dipanggang di atas api lalu dipotong kecil-kecil, kemudian direbus dengan air bersih sampai airnya menjadi coklat. Setelah itu saring, dan kemudian dapat diminum airnya setelah dingin.

Image By: Google.com

Penyakit Diabetes Mellitus (DM) yang juga dikenal sebagai penyakit kencing manis atau penyakit peningkatan gula darah adalah golongan penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula dalam darah sebagai akibat adanya gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu atau kurang memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Insulin adalah salah satu hormon yang diproduksi oleh Pankreas yang bertanggung jawab untuk mengontrol jumlah/kadar gula dalam darah dan insulin dibutuhkan untuk merubah (memproses) karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi yang diperlukan tubuh manusia. Hormon insulin berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah.

Diabetes / diabainein = tembus atau pancuran air dan Mellitus = rasa manis. Jadi Diabetes Mellitus atau Kencing Manis adalah penyakit gangguan kesehatan dimana kadar gula dalam darah seseorang menjadi tinggi karena gula darah tak dapat digunakan oleh sel tubuh untuk aktifitas (Hiperglikemia). Ini disebabkan oleh tidak adanya atau sedikitnya insulin di dalam tubuh. Sisa gula yang tinggi pada peredaran darah akan dibuang melalui air seni. Lalu karena tidak adanya energi untuk aktifitas akan menyebabkan seseorang menjadi lemas,lapar,haus, sering BAK, gatal-gatal.

Ternyata selain enak rasanya, buah yang berwarna hijau ini juga memiliki khasiat untuk mengobati diabetes dengan biji buahnya.

 

 

45 Total Views 1 Views Today