Bahaya Minum Air Sambil Berdiri

Cirebonmedia.com- Air merupakan sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup di bumi, tubuh manusia saja kurang lebih 70% terdiri dari air. Dalam sehari saja, untuk memenuhi asupan air yang dibutuhkan oleh tubuh seseorang harus mengkonsumsi 8 – 12 gelas air mineral perhari untuk di konsumsi agar kebutuhan air dalam tubuh terpenuhi. Manusia harus banyak minum Air jika ingin tubuhnya tidak mengalami dehidrasi.

Minum merupakan usaha seseorang dengan mengkonsumsi air mineral atau air putih guna memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh nya. Namun, sebagian besar orang masih melakukan kesalahan dalam hal minum air seperti minum sambil berdiri, kebanyakan belum mengetahui bahwa cara minum mereka sambil berdiri bisa memicu bahaya yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan mereka.

Sebenarnya apa bahayanya minum sambil berdiri? Berikut bahaya minum air sambil berdiri:

Mengganggu Sistem Pencernaan

Minum air sambil berdiri, maka air akan mengalir melewati usus dan menciprat ke dinding perut. Cipratan ini bisa mengakibatkan kerusakan sistem pencernaan dalam jangka panjang karena merusak dinding perut dan saluran pencernaan.

Ginjal Tak Bisa Menyaring Air dengan Baik

Minum air sambil berdiri membuat proses penyaringan yang dilakukan ginjal tak optimal. Bahkan kotoran bisa menumpuk di ginjal dan kandung kemih yang bisa menyebabkan gangguan saluran kemih. Dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan permanen di ginjal.

Bahaya Minum Air Sambil Berdiri
Bahaya Minum Air Sambil Berdiri

Menyebabkan Ulser dan Heartburn

Minum air sambil berdiri, air akan mengalir dan menciprat ke area kerongkongan bagian bawah dengan cukup keras. Hal ini bisa mengganggu sfingter (kumpulan serabut otot yang berbentuk seperti cincin yang bekerja untuk menutup jalur atau pembukaan alamiah pada tubuh) dan bisa menimbulkan sensasi terbakar di kerongkongan karena zat asam di perut naik ke atas.

Tak Bisa Mengencerkan Kadar Asam di Dalam Tubuh

Air memang sebaiknya diminum sedikit dan perlahan-lahan sambil duduk. Dengan begitu, air bisa bantu mengencerkan kadar asam di dalam tubuh yang disesuaikan dengan proporsi air yang dibutuhkan. tubuh. Jadi kalau minum air sambil berdiri, proses pengenceran kadar asam ini bisa terganggu.

Sumber: Vemale

Shares
Share This