Jenis Kanker yang Dapat Menyerang Anak-anak

Cirebonmedia.com- Puru ayal atau kanker atau neoplasma ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk:

  • tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal)
  • menyerang jaringan biologis di dekatnya.
  • bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis.

Penyakit kanker tak mengenal usia. Mereka yang masih anak-anak, bahkan bayi sekalipun bisa terkena kanker. Penyebab mengapa sel-sel menjadi tidak terkendali sehingga memicu kanker hingga saat ini tidak diketahui pasti.

Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, bergantung pada lokasi dan karakter keganasan, serta ada tidaknya metastasis. Diagnosis biasanya membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh dengan biopsi. Setelah didiagnosis, kanker biasanya dirawat dengan operasi, kemoterapi, atau radiasi.

Saat ini setidaknya ada sekitar 200 jenis kanker. jenis kanker pada orang dewasa juga dapat mengenai anak, tetapi ada juga yang tidak.

Berikut berbagai jenis kanker yang bisa mengenai anak-anak :

Leukemia
Leukemia atau kanker darah merupakan jenis kanker yang paling banyak dijumpai pada anak-anak. Berbeda dengan jenis kanker lainnya, leukemia adalah jenis kanker cair, bukan kanker pada berupa tumor.

“Ada leukemia kongenital, jadi dari sejak lahir sudah terkena leukemia,”

Jenis kanker ini juga bisa menyebar ke organ tubuh lainnya. Pada anak laki-laki, bisa menyebar ke buah zakar atau testis. Munculnya sel kanker pada alat kelamin anak laki-laki ini bisa dilihat jika besarnya testis kanan dan kiri tidak sama.

Retinoblastoma
Retinoblastoma merupakan kanker bola mata yang juga cukup sering menyerang anak-anak. Waspadai retinablastoma jika mata anak terlihat seperti mata kucing, mata merah, dan mata juling. Retinablastoma dapat menimbulkan benjolan pada mata.

Kanker
Kanker

Neuroblastoma
Neuroblastoma adalah kanker pada sistem saraf. Neuroblastoma berbentuk tumor padat yang bisa muncul di beberapa bagian tubuh. Sering kali muncul benjolan pada perut anak. Perut anak anak akan membesar dan padat ketika diraba.

Kanker tulang
Seperti halnya orang dewasa, anak-anak juga bisa terkena kanker tulang. diungkapkan, gejalanya bisa berupa besarnya tungkai kaki yang tidak sama. Kanker tulang ini bisa menyebar ke paru-paru anak.

Kanker hati dan ginjal
Organ hati dan ginjal juga bisa diserang sel kanker. selain orang dewasa, anak-anak juga bisa terkena kanker hati maupun ginjal. Gejalanya juga bisa berupa perut anak yang semakin buncit dan teraba benjolan.

Kanker indung telur
Meski sangat jarang, kanker indung telur bisa ditemukan pada anak perempuan.

Oleh: Shalom

Sumber: Wikipedia, Kompas

 

Shares
Share This