Manfaat Terong Belanda Bagi Kesehatan

Cirebonmedia.com- Banyak sekali tanam atau tumbuhan yang ada di dunia ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan manusia. Berbicara mengenai tumbuhan atau tanaman ada tanaman yang memiliki nama yang terdengar unik, ketika mendengar kata terong pastinya kita akan berpikir bahwa tanaman tersebut ialah salah satu bahan masakan yang sering kita konsumsi, namun lain hal nya dengan terong yang satu ini yaitu terong belanda.

Terong belanda atau yang memiliki nama latin Solanum betaceum adalah jenis tanaman anggota keluarga terong-terongan (Solanaceae) yang mulai di kembangkan di Bogor Jawa Barat sejak tahun 1941. Di Indonesia terong ini mungkin pertama kali dibawa dan dikembangkan di Indonesia oleh orang Belanda pada waktu itu sehingga dikenal dengan nama terung belanda, padahal buah tersebut berasal dari daerah Amazon di Amerika Latin. Terong belanda memiliki ciri-ciri bau seperti lembu kutub, panjang tangkai daunnya mencapai 7–10 cm.

Walaupun memiliki nama terong, namun demikian buah yang satu ini sama sekali tidak memiliki bentuk dan rasa yang sama seperti manfaat terong lainnya yakni terong ungu maupun terong hijau. Namun demikian, sesuai namanya, buah ini disebut terong belanda karena dibawa dan dikenalkan oleh orang belanda, sehingga masyarakat kala itu mengenal buah ini dengan istilah terong belanda hingga saat ini. Buah yang satu ini pun memiliki manfaat baik bagi kesehatan sehingga sering dikonsumsi dan diolah sebagai minuman seperti jus dan lain-lain.

Lalu apa saja manfaat buah yang sati ini? Berikut adalah manfaat terong belanda bagi kesehatan:

Terong belanda
Terong belanda

Menjaga Kesehatan Mata

Sudah tentu kita ketahui tentang bagaimana pentingnya Vitamin A yang mampu untuk mengatasi masalah pada mata. Dengan mengonsumsi buah  ini yang kaya dengan Vitamin A yang dapat membuat mata menjadi sehat dan terhindar dari masalah mata. Vitamin A juga dapat bermanfaat untuk mencegah katarak, meningkatkan kualitas penglihatan pada mata, serta menjaga kesehatan mata.

Untuk Pertumbuhan Tulang

Kandungan mineral seperti fosfor, magnesium, serta potassium yang ada dalam buah ini dapat membuat pertumbuhan tulang dan pertumbuhan tubuh. Jadi konsumsilah Terong Belanda ini secara teratur agar mendapatkan manfaat.

Mencegah Anemia

Kandungan Zat Besi yang ada di dalam terong Belanda ini dapat menjadi pencegahan terhadap penyakit anemia. Kekurangan sel darah merah ini akan mengakibatkan seseorang akan mengalami gejala seperti letih, lemah, lesu, lelah, lemas,lunglai, tidak bersemangat, serta rentan terhadaap serangan penyakit.

Shares
Share This