Manfaat Lengkuas yang Jarang Diketahui

Cirebonmedia.com- Alasan para penjajah datang ke Indonesia adalah karena negara ini sangat kaya akan rempah-rempah, sehingga mereka sampai mati-matian melakukan serangan demi mendapatkan hasil alam Indonesia tersebut, dan salah satunya manfaat lengkuas. Selain sebagai bumbu dapur, tumbuhan yang satu ini memiliki beragam manfaat.

Lengkuas merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Umumnya masyarakat memanfaatkannya sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional. Lengkuas digunakan secara luas oleh masyarakat Indonesia sebagai bumbu dasar berbagai macam kuliner nusantara. Seperti, bumbu pelengkap untuk olahan daging, sayuran dan ikan. Lengkuas adalah tanaman rempah-rempah yang termasuk dalam genus alpina. Tanaman yang berasal dari thailand ini di daerah timur tengah dijadikan sebagai ramuan obat herbal.

Ternyata manfaat lengkuas yang lainnya adalah bagi kesehatan tubuh, tak hanya sebagai bumbu masak semata. Berikut adalah manfaat lengkuas yang jarang diketahui orang:

Membantu meredakan mabuk laut, mabuk perjalanan dan morning sickness

Lengkuas memiliki aroma yang cukup kuat sehingga dapat meredakan mual yang Anda derita. Biasanya, ibu hamil sering merasakan morning sickness hingga tidak mau makan. Namun jika Anda menyeduh lengkuas dengan air hangat dan madu, bisa meredakan mual karena aromaterapinya. Bahkan ketika Anda sedang mabuk perjalanan, baik laut maupun darat, Anda bisa menggunakan lengkuas untuk meredakan mabuk, karena lengkuas membantu dalam mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan di perut dan membantu keluarnya angin di dalam perut. Anda juga bisa mengobati diare dengan lengkuas karena sifatnya yang antibakteri dan anti-jamur.

Manfaat lengkuas
Manfaat lengkuas

Memperlancar peredaran darah

Membuat jus lengkuas mungkin terdengar absurd, tapi jangan remehkan manfaatnya. Anda bisa melancarkan peredaran darah dengan jus ini. Kolesterol juga akan berkurang dan Anda bisa menjaga tubuh lebih baik karena oksigen lebih banyak masuk ke tubuh.

Mengobati luka bakar dan gatal kulit

Jika Anda memiliki masalah penyakit gatal kulit, maka lengkuas yang sudah dihancurkan dan dibubuhkan ke bagian yang gatal akan mempercepat penyembuhan dan menghentikan penyebaran ke bagian kulit lainnya. Jus lengkuas dapat diterapkan secara topikal untuk pengobatan penyakit kulit karena terdiri dari 40 macam antioksidan yang berbeda sehingga dapat membantu melindungi kulit terhadap penuaan. Anda bahkan bisa menyembuhkan luka bakar di kulit menggunakan jus lengkuas. Terapkan 2-3 kali sehari dan akan mempercepat penyembuhan.

Kaya gizi

Lengkuas, meski memang sangat jarang, atau mungkin tidak pernah dimakan secara langsung, namun sangat kaya serat yang sangat baik untuk pencernaan. Lengkuas juga kaya kandungan zat besi, natrium, vitamin A, C, flavonoid, fitonutrien, emodin, beta sitosterol, quercetin, dan galangin.

Sumber: Vemale

 

 

 

Shares
Share This