Kopi Mengandung Manfaat yang Baik Bagi Tubuh

Cirebonmedia.com- Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Pemrosesan kopi sebelum dapat diminum melalui proses panjang yaitu dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan kemudian dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Proses selanjutnya yaitu penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi. Setelah penyangraian biji kopi digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi sebelum kopi dapat diminum.

Kopi adalah minuman favorit bagi banyak orang selain teh, dan ternyata ada banyak manfaat kopi yang bisa didapatkan; hanya saja, memang untuk mendapatkan hasil yang optimal, mengonsumsi kopi pahit alias tanpa menambahkan gula dan krim adalah keputusan terbaik. Kopi tidak hanya sekedar asyik diminum ketika senggang atau saat akan begadang saja karena bisa bikin mata melek semalaman, tapi kopi berdampak bagus untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Hal tersebut sudah dikonfirmasi dalam penelitian sehingga bisa dipercaya dan dibuktikan.

Berikut ini beberapa manfaat minum kopi bagi kesehatan menurut dokter Michael Hartanto Angriawan dari tim Meetdoctor.

Kopi meningkatkan kecerdasan.

Rasa lelah dapat diusir dengan meminum kopi karena kandungan kafein dalam kopi merupakan kandungan psikoaktif. Kafein dari kopi akan diserap darah dan sampai ke otak—tempat kafein akan memblokir adenosine—sehingga neurotransmitters, seperti norepinephrine dan dopamine,bertambah. Alhasil, otak bisa bekerja maksimal. Kopi juga mendukung fungsi kognitif otak sehingga ingatan lebih kuat, mempertajam emosi, meningkatkan kewaspadaan, serta fungsi kognitif otak.

Kopi membakar lemak.

Suplemen pembakar lemak hampir selalu pasti mengandung kafein. Kafein merupakan bahan alami yang telah terbukti dalam berbagai penelitian sanggup membantu membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh hingga 3-11 persen. Namun manfaat membakar lemak ini bisa saja tidak terlalu efektif pada orang yang sudah lama meminum kopi.

Kopi membuat tubuh lebih bertenaga.

Kafein dapat meningkatkan epinephrine atau kadar adrenalin dalam darah yang membuat tubuh lebih bertenaga. Kafein bisa menghancurkan sel lemak dalam darah dan mengubah lemak menjadi energi yang memberi tenaga bagi tubuh. Meminum secangkir kopi murni tanpa gula setengah jam sebelum berolahraga dapat membuat Anda lebih kuat menghadapi latihan fisik yang intens.

Kopi mencegah penyakit.

Meminum kopi menurunkan risiko berbagai penyakit seperti
a. secangkir kopi sehari dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe II hingga 7 persen;
b. kopi mencegah kepikunan maupun alzheimer karena peminum kopi memiliki daya ingat yang kuat serta saraf yang bebas dari kabut alzheimerhingga 65 persen;
c. kafein dalam kopi dapat menurunkan risiko terkena penyakit parkinson hingga 32-60 persen;
d. kopi yang diminum secara teratur dalam sehari dapat menurunkan risiko sirosis (pengerasan hati) hingga mencapai 80 persen;
e. kopi untuk melawan kanker lever dan kanker usus hingga risikonya turun sebanyak 15-40 persen; dan
f. kopi memang dapat meningkatkan tekanan darah, tapi jumlahnya hanya dalam skala kecil dan tekanan darah akan normal kembali jika Anda teratur meminum kopi. Artinya, kopi bukan penyebab utama penyakit jantung, malah justru dapat mencegah stroke. Namun tetap waspada dan batasi kandungan kafein yang dikonsumsi.

Kopi memiliki manfaat bagi tubuh
Kopi memiliki manfaat bagi tubuh

Kopi untuk umur panjang.

Angka kematian pada peminum kopi berkurang hingga 20 persen pada pria dan 26 persen pada wanita dalam jangka waktu 18-24 tahun. Para penderita diabetes tipe II juga memiliki kesempatan bertahan hidup lebih lama hingga 70 persen karena mengkonsumsi kopi.

Kopi membuat bahagia.

Penelitian di Harvard School of Public Health tahun 2011 menyatakan risiko depresi turun sebanyak 20 persen pada wanita yang meminum empat gelas kopi atau lebih dalam sehari. Penelitian lain menyebutkan bahwa empat gelas kopi atau lebih dalam sehari bisa menurunkan niat bunuh diri hingga 50 persen.

Shares
Share This