Makanan Yang Mampu Menurunkan Kolesterol Jahat

Cirebonmedia.com–¬†Setelah hari raya Idhul Adha yang mayoritas masyarakat banyak yang ‘pesta daging’ hewan qurban seperti sapi dan kambing, dapat dipastikan akan meningkatkan kolesterol. Bagi sebagian orang yang memiliki riwayat tidak baik terhadap kolesterol jahat atau LDL merasa was – was akan dampak yang diakibatkan oleh kolesterol tersebut. Namun tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa makanan yang mampu menurunkan kolesterol jahat.

Berikut makanan yang bisa membantu menurunkan kolesterol jahat:

Almond

Kehadiran nutrisi penting dan serat dalam almond memungkin untuk menurunkan kolesterol jahat usai setelah Idul Adha. Beberapa studi juga telah menemukan bahwa konsumsi harian almond dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Oat

Oat merupakan serat larut yang dianggap efektif dalam menurunkan kolesterol jahat. Jadi, mengonsumsi semangkuk oatmeal termasuk langkah tepat menurunkan kolesterol jahat usai ‘pestasaat daging’ setelah Idul Adha.

Salmon

Salmon dikemas dengan asam lemak omega 3 yang bagus untuk mengurangi kolesterol jahat. Selain itu, salmon juga memiliki protein yang berperan penting dalam menurunkan kolesterol jahat usai ‘pesta daging’ setelah Hari Raya Idul Adha.

Jus Jeruk

Jus jeruk sangat efektif dalam meningkatkan kolesterol baik. Perlu diingat, meningkatnya kolesterol baik dapat menurunkan kolesterol jahat dalam aliran darah. Hal ini karena kandungan vitamin C dalam jus jeruk menyebabkan penurunan kolesterol jahat.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat membantu menurunkan kolesterol. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa tingginya kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun dapat menurunkan kolesterol jahat secara signifikan.

Makanan penurun kolestrol
Makanan penurun kolestrol

Teh Hijau

Teh hijau dikenal sebagai asupan super penuh senyawa penting untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Hanya minum secangkir teh hijau hangat dapat mengurangi kolesterol jahat usai ‘pesta daging’ setelah Hari Raya Idul Adha.

Alpukat

Alpukat adalah buah yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat. Hal ini karena alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi kesehatan.

Meskipun makanan ini membantu menurunkan kolesterol jahat, Anda harus tetap mengontrol konsumsi makanan tinggi kolesterol ini karena bisa saja berakibat risiko yang fatal.

Shares
Share This