Mengatasi Sakit Gigi yang Sering Menggangu

Cirebonmedia.com- Gigi merupakan bagian dari tubuh yang memiliki fungsi  sebagai  alat pencernaan mekanik yang terdapat pada bagian mulut. Gigi berfungsi untuk merobek, memotong dan mengunyah makanan sebelum makanan tersebut akan masuk ke kerongkongan. Gigi memiliki struktur keras sehingga memudahkan untuk menjalankan fungsinya. Akan tetapi sebagian masyarakat sering mengalami gangguan pada gigi yang sering kita kenal dengan sakit gigi.

Tidak sedikit orang yang telah mengalami sakit gigi, walau pun tidak semua orang pernah mengalaminya. Tetapi mengingat banyak penderita sakit gigi, yang berarti juga masih banyak orang yang tidak mengetahui cara merawat gigi dengan baik atau pun masih tidak peduli dengan kesehatan gigi. Banyak yang merasakan rasa nyeri pada gigi akibat gigi yang dimiliki tidak dibersihkan, karena tidak dibersihkan dengan baik maka akan menyebabkan infeksi dari bakteri sampai membuat gigi menjadi rusak yang nantinya akan menyebabkan sakit gigi.

Umumnya sakit gigi dikarenakan gigi berlubang, sekali lagi ini adalah ketidak pedulian seseorang pada kesehatan giginya, untuk itu mulai sekarang kita harus rajin menjaga kesehatan gigi, dan jika mengalami sakit gigi, berikut adalah cara yang bisa Anda pakai untuk mengatasi sakit gigi:

Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga bisa menjadi obat,  caranya teteskan sesendok demi sesendok pada bagian gigi yang sakit setiap 10 menit, sampai sari jeruknya habis. Vitamin C pada sari jeruk nipis  juga bisa meredakan sakit gigi dan itulah jeruk nipis menjadi salah satu cara mengobati sakit gigi belubang.

Garam

Ternyata dibalik rasa asin pada garam ada kandungan yodium yang ternyata bisa meringankan ngilu pada gigi. Caranya, larutkan garam dalam segelas air mineral hangat kemudian Aduk, setelah itu gunakan sebagai mouthwash sampai Anda merasa cukup nyaman dan tidak terlalu tersiksa karena rasa nyeri pada gigi.

Sakit gigi
Sakit gigi

Bawang Putih

Bawang putih sudah dipercaya sejak dahulu dapat mengatasi gigi sakit dan gusi yang bengkak. Bawang putih mengandung zat antiseptic alami yang efektik membunuh bakteri penyebab sakit gigi dan gusi bengkak. Cara mengobatinya dengan mengupas kulit 1 siung bawang putih. Haluskan bawang putih yang sudah terlebih dahulu dicuci bersih. Jika bawang sudah benar-benar halus, baru lah Anda masukkan pada gigi yang berlubang atau gusi yang bengkak.

Cengkeh

Cengkeh banyak diekstrak dalam bentuk minyak. Nah minyak cengkeh inilah yang bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit pada gigi berlubang. Rasa nyeri akibat sakit gigi akan berkurang, karena cengkeh memiliki senyawa anti-inflamasi tinggi yang bisa meminimalisir peradangan gigi.

Shares
Share This