Anda Sering Sakit Leher? Ini Penyebabnya

Cirebonmedia.com- Aktivitas sepanjang hari menuntut seseorang untuk mengeluarkan segenap kemampuannya meliputi fisik dan pikiran guna menyelesaikan pekerjaannya. Saat aktifitas dan pekerjaan selesai yang biasanya pada sore hari, memunculkan rasa lelah yang sering dirasakan dan salah satunya adalah sakit leher.

Sakit leher adalah masalah umum yang sering kita alami dan biasanya akan membaik dalam beberapa hari. Kondisi ini jarang sekali menjadi gejala kondisi yang lebih serius dan umumnya bukan hal yang perlu diwaspadai. Sakit leher bisa muncul mulai dari sisi bawah kepala hingga sisi atas bahu Anda dan bisa menyebar hingga ke lengan serta punggung bagian atas. Akibat dari kondisi ini, gerakan leher dan kepala menjadi terbatas dan aktivitas sehari-hari bisa menjadi sulit dilakukan.

Untuk itu kita harus mengenal penyebab dari sakit leher sehingga bisa melakukan pencegahan agar tidak mengalami sakit leher.  Dilansir dari kompas health,  Jeremy Smith, M.D., dokter spesialis bedah tulang belakang dan direktur ortopedi di Hoag Orthopedic Institute. Menjelaskan penyebab terjadinya sakit pada leher diantaranya:

Anda selalu membungkuk

Duduk merosot dapat merusak keselarasan otot leher dan bahu, sehingga bagian itu menjadi tegang. “Postur tubuh yang netral adalah kunci,” kata Dr Smith. Ini berarti kepala, leher, tulang belakang, dan panggul harus berbaris lurus secara vertikal.

Kantor tidak bersahabat dengan tulang belakang

Ada banyak pekerja kantoran terganggu oleh sakit leher kronis dan komputer adalah salah satu bagian dari masalah. Dr. Smith menemukan, bahwa banyak kursi kantor tidak mendukung bentuk kurva S alami tulang belakang. Berkat dukungan lumbal yang tidak memadai dan kurang ergonomisnya sandaran lengan atau bahkan bangku tanpa sandaran lengan, membuat karyawan sering terpaksa duduk membungkuk dan menumpukan tubuh ke meja mereka. Hal ini menambahkan tekanan pada disk leher dan lumbosakral, membuat area tersebut tertekan sehingga timbullah nyeri.

Sakit leher sering dialami banyak orang
Sakit leher sering dialami banyak orang

Anda merokok

Berbagai penyakit mulai dari kanker paru-paru sampai dengan diabetes, telah dikaitkan dengan kebiasaan merokok. Sekarang Anda dapat menambahkan nyeri leher kronis ke dalam daftar penyakit yang dipicu oleh rokok. “Merokok menyebabkan kekeringan di area disk di punggung dan leher serta mempercepat proses degeneratif,” kata Dr Smith. Kekeringan ini dapat menyebabkan hernia dan tekanan berlebih pada disk yang akhirnya merusak fungsi tulang belakang Anda.

Anda terobsesi dengan smartphone

Mengetik di ponsel secara nonstop, tidak hanya menyakiti ibu jari tapi juga leher Anda. Setiap kali Anda melihat ke bawah pada saat memainkan ponsel, akan bertambah ketegangan pada otot leher Anda. Kurangi bermain ponsel, tempatkan ponsel sejajar mata, dan peregangan secara berkala adalah beberapa solusi yang dianjurkan Dr. Smith untuk mengurangi ketegangan otot leher.

Sumber: Kompas Health

 

Shares
Share This