Ini Cara Mengusir Bau Mulut Saat Puasa

Cirebonmedia.com- Saat ini kita telah memasuki Bulan suci Ramadhan, dimana di bulan tersebut setiap muslim diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa. Pada saat seseorang melakukan ibadah puasa sering sekali mengalami gangguan bau mulut saat puasa. Ya, bau mulut sering sekali mengurangi rasa percaya diri seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain.

Bau mulut saat puasa sendiri terjadi karena didalam mulut terdapat banyak bakteri yang dapat mengubah sisa-sisa makanan menjadi gas sulfur yang menyebabkan bau mulut. Kemudian Ketika tidak berpuasa, maka mulut akan memproduksi saliva, ketika berpuasa maka produksi saliva akan berkurang, akibatnya bakteri berkembang biak dengan cepat, sehingga akan muncul bau tidak sedap di mulut.

Meski sedang dalam keadaaan melakukan ibadah suci, bukan berarti kita bisa mengabaikan kebersihan tubuh begitu saja, termasuk di antaranya kebersihan mulut. Salah satu bukti bahwa kebersihan mulut harus tetap dijaga saat berpuasa adalah: Nabi Muhammad SAW telah mencontohkan penggunaan siwak secara rutin saat berpuasa.

Jangan sampai bau mulut mengganggu ibadah kita di bulan suci Ramadhan, untuk itu, berikut merupakan beberapa tips yang bisa digunakan untuk menanggkal bau mulut saat puasa:

Banyak minum air saat sahur

Setelah makan sahur atau sambil menunggu waktunya imsak, manfaatkan waktu untuk minum air putih. Minum lah sedikitnya, 2-3 gelas air putih. Minum air putih menjaga agar mulut tidak terlalu kering sehingga mencegah bau mulut. Saat waktunya berbuka puasa, juga jangan lupa minum air putih agar tubuh terhidrasi dengan baik.

Sikat gigi setelah makan

Baik saat bulan Puasa maupun tidak, sikat gigi setelah makan harus dilakukan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Saat bulan Ramadan, jangan lupa menyikat gigi setelah makan sahur untuk mencegah datangnya bakteri penyebab bau mulut.

bau mulut saat berpuasa
bau mulut saat berpuasa

Gunakan obat kumur antibakteri

Hanya dengan sikat gigi terkadang tak mampu menjangkau semua sela-sela gigi. Gunakannlah obat kumur antibakteri agar maksimal membersihkan seluruh sela-sela gigi atau rongga mulut. Dengan begitu, tak ada sisa makanan dan mencegah datangnya bakteri.

Bersihkan lidah

Tak hanya gigi, lidah juga menjadi bagian yang harus dibersihkan. Lidah bisa menjadi tempat menempelnya sisa makanan. Tak tertutup kemungkinan bakteri penyebab bau mulut terdapat di lidah.Gunakan pembersih lidah setidaknya dua kali dalam sehari untuk menghilangkan plak dan mencegah bau mulut terjadi.

Sumber: Kompas Health

Shares
Share This