Bawang Merah Sebagai Obat Herbal

Cirebonmedia.com- Bawang merah merupakan tanaman berumbi lapis berwarna keungu-unguan, yang memiliki nama latin Allium Cepa L. Tumbuhan ini pada umumnya memiliki bau yang khas yang tajam. Manfaat Bawang Merah sangat beragam, seperti untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan wanita. Untuk itu mari mengenal lebih dekat manfaat dari bumbu dapur yang sangat akrab dengan wanita Indonesia ini.

Secara umum tanaman ini dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Namun ternyata, di balik pengolahannya yang sederhana, bawang merah memiliki efek yang sangat baik bagi tubuh. Hal ini karena bawang merah memiliki senyawa positif seperti sikloaliin, metialiin, dihidroaliin, saponin, kuersetin, peptida, fitohormon, senyawa flavonoid, berbagai macam vitamin dan zat pati serta minyak atsiri. Tanaman ini juga memiliki sifat anti peradangan dan anti bakteri.

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan mungkin belum banyak kita sadari, karena selama ini kita hanya menyimpannya di dapur. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa anda peroleh dari bawang merah, berikut adalah beberapa di antaranya.

Mengontrol tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol, karena bawang merah memiliki zat kuersetin yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan mengurangi resiko stroke dan penyakit jantung.

Mengatasi susah BAB. Kandungan serat dalam bawang merah memiliki fungsi yang dapat membantu toksin maupun zat makanan yang sulit dicerna dan dikeluarkan usus.
Mengurangi resiko diabetes. Mengkonsumsi bawang merah mentah dipercaya dapat meningkatkan produksi insulin.

bawang 500X500
Obat Herbal

Mengencerkan dahak. Kandungan saponin dalam bawang merah dipercaya efektif untuk mengencerkan dahak.

Mencegah kanker. Ternyata tumbuhan ini memiliki kandungan senyawa sulfur yang dapat mengurangi terjadinya resiko penyakit kanker. Serta masih banyak lagi manfaat dari tumbuhan yang memiliki nama latin Allium Cepa L dalam segi kesehatan.

Selain pada orang dewasa, ternyata ada juga manfaat bawang merah untuk bayi. Di antaranya adalah untuk menurunkan demam. Parutan bawang merah yang dipadukan dengan minyak telon dapat menurunkan demam. Manfaat berikutnya adalah mengatasi perut kembung dengan mengoleskan bawang merah yang telah dihaluskan pada perut bayi, melancarkan sirkulasi darah pada tubuh bayi, meningkatkan kekebalan tubuh bayi, karena kandungan minyak atsirinya bawang merah memiliki fungsi antiseptik dan antibakteri, dan mengatasi batuk, pilek dan cacingan pada bayi.

Shares
Share This