Kandungan Beragam Manfaat Dari Lidah Buaya

Cirebonmedia.com Di era globalisasi ini manusia sangat bergantung pada kemajuan teknologi contohnya saat ini berbagai macam jenis obat yang mutahir diciptakan untuk memenuhi kebutuhan obat,  mengenai tentang obat sebenarnya banyak sekali jenis obat-obatan herbal alami yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit salah satunya lidah buaya .

Lidah Buaya yang dalam bahasa latin bernama Aloe Vera merupakan tanaman yang sering dijumpai di daerah tropis yang memiliki bentuk daun tebal. Tanaman ini sebelumnya lebih dikenal sebagai tanaman liar, namun kini telah berubah dan lebih dikenal sebagai sebagai tanaman hias. Di Indonesia sendiri lidah buaya sangat mudah di jumpai.

Lidah buaya kaya akan manfaat dan khasiat bagi kesehatan maupun obat. Tanaman ini mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan maupun sebagai obat seperti Mannans Asetat, Polymannans, Antrakuinon dan berbagai Lektinmembuat. Maka jangan heran jika saat ini lidah buaya banyak dibudidayakan sebagai tamanam obat serta sebagai bahan kosmetik kecantikan.

Bukan itu saja, tanaman tropis yang satu ini juga memiliki kandungan 72 jenis zat bermanfaat dan 200 senyawa penting lain. Diantara zat yang dikandung adalah sebagai berikut:

Mengandung Enzim yang bisa mencegah peradangan, Mengandung Enzim yang dapat membantu pencernaan., Mengandung hampir semua jenis vitamin kecuali vitamin D.

Mengandung 20 jenis dari 22 jenis Asam Amino, Mengandung Saponin, yaitu berupa zat anti microba., Kaya akan mineral yang dibutuhkan oleh enzim

Sebagai Detoksifikasi: Ternyata lidah buaya bisa bermanfaat untuk menetralisir racun yang masuk kedalam tubuh. Mengatasi Stress Karena lifah buaya kaya akan vitamin dan mineral, lidah buaya yang di olah sebagi jus juga bisa membantu tubuh mengatasi stress.

Meningkatkan Imunitas atau Kekebalan tubuh: Selain kaya akan vitamin juga kaya akan anti oksidan yang tentunya mampu meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Menurunkan kadar gula penderita Diabetes: Tanaman ini juga berfungsi sebagai penurun kadar gula bagi penderita diabetes. Caranya cupu mudah, dengan mengkonsumsi 1/2 sendok jus lidah buaya diminum secara rutin selama 14 hari ternyata terbukti mampu menurunkan kadar gula sebanyak 45% bagi mereka yang menderita Diabetes.

Mengobati ganguan pencernaan: Bagi yang mengalai gangguan pencernaan seperti iritasi pada usus, tukak lamubung, dan perut terasa panas bisa mengobatinya dengan lidah buaya. Selain itu juga bisa menenangkan Esofagus serta mengatasi Refluks asam.

Image By: Google.com
Image By: Google.com

Mengobati luka bakar: Pada daun lidah buaya ketika di belah terdapat getah yang menyerupai Gel. Getah atau Gel tersebut ternyata sudah dikenal lama dan telah dugunakan selama bertahun-tahun untuk mengobati luka bakar.

Mengatasi luka lebam dan luka dalam: Selain luka bakar, tanaman Aloe Vera ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka lebam akibat benturan dan juga luka dalam.

Perawatan kulit: Seperti diketahui saat ini banyak produk kecantikan yang memanfaatkan tanaman ini. Ternyata memang sangat baik dalam menjaga kelembaban kulit, bisa untuk menghilangkan jerawat, menghilangkan bekas luka, detoksifikasi racun pada kulit, mengurangi peradangan dan iritasi kulit, serta mampu meperbaiki dan meremajakan kulit.

Mengatasi ketombe, rambut rontok, dan kebotakan: Sudah bukan rahasia lagi, sejak dulu kala lidah buaya telah dikenal sebagai obat untuk mengatasi ketombe serta gatal pada kulit rambut. Selain itu juga bisa mencegah rambut rontok dan kebotakan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan lidah buaya pada rambut dan kulit kepala sambil di pijat-pijat. Selanjutnya diamkan kurang lebih selama 40 sampai 60 menit barulah dibilas dan dikramas hingga bersih.

Dibalik keindahanya sebagai tanaman hias ternyata terkandung manfaat yang sangat baik bagi kesehatan

Shares
Share This