Kenali Gejala Diabetes Sejak Dini

Cirebonmedia.com– Diabetes merupakan penyakit yang menyerang tubuh manusia, di mana kadar glukosa di dalam darah menjadi tinggi karena tubuh tidak dapat memproduksi atau mengeluarkan insulin secara cukup. Dan biasanya penyebabnya adalah keturunan dan gaya hidup.

Menurut ahli penyakit dalam Prof.DR.Dr. Sidartawan Soegondo, SpPD,KEMD,FACE, “Diabetes itu seperti rayap, bekerja diam-diam merusak organ di dalam tubuh. Diabetes sering disebut sebagai “The Silent Killer”. “Namun, sebenarnya komplikasinya yang mematikan, bukan diabetesnya”.

diabetes-call-to-actionMereka yang memiliki risiko tinggi terkena diabetes adalah yang memiliki riwayat keluarga mengidap diabetes, memasuki usia di atas 40 tahun, kegemukan, tekanan darah tinggi, selain tentu saja pola makan yang salah.

Di Indonesia, sekitar 95% kasus adalah diabetes tipe 2. Pada diabetes tipe 2 ini, penyebabnya tidak hanya faktor keturunan tapi juga gaya hidup misalnya kegemukan yang terjadi akibat gaya hidup makan kaya lemak dan tidak berolahraga.

Kebanyakan orang tak sadar bahwa dirinya terkena penyakit yang juga dikenal dengan kencing manis ini, dan hal ini yang harus diperhatikan, alangkah baiknya jika memiliki riwayat keluarga yang mengidap penyakit ini, mulai lah dengan memeriksakan kesehatan secara rutin, kenali gejalanya sejak dini dan usahakan menjalani gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit yang mengerikan ini.

 

Resiko terkena diabetes bisa diperkecil dengan mengenal beberapa gejala ini:

  1. Rasa haus yang luar biasa
    Rasa haus yang luar biasa juga dapat menjadi tanda awal dari diabetes. Gejala ini berlangsung sebab kadar gula darah Anda tidak terkontrol dengan baik. Oleh karena itu waspadalah ketika Anda minum lebih dari 3 liter per hari dan Anda masih merasa haus.
  2. Proses penyembuhan luka yang lama
    Pada beberapa orang yang tidak memiliki penyakit diabetes, proses penyembuhan luka dapat berlangsung dengan cepat. Namun apabila Anda merasa bahwa luka di tubuh Anda tidak kunjung sembuh, segera periksakan kesehatan tubuh Anda ke dokter. Sebab hal ini juga termasuk dari tanda penyakit diabetes.
  3. Kenaikan dan penurunan berat badan yang tak bisa dijelaskan
    Ini adalah salah satu tanda awal diabetes tipe 2 pada orang dewasa. Karena insulin tidak dapat mengangkut glukosa ke dalam sel, tubuh bereaksi seolah-olah tubuh dalam keadaan lapar dan mulai menggunakan protein dari otot.
  4. Mulut kering
    Mulut kering adalah salah satu gejala dari diabetes. Anda akan mengalami masalah kelembapan di mulut. Mulut kering dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, serta menyebabkan masalah gigi dan mulut.
  5. Sering buang air kecil
    Buang air kecil memang baik sebab dapat mengeluarkan racun di dalam tubuh. Namun waspadalah ketika Anda menjadi sering buang air kecil. Hal ini terjadi sebab tidak ada keseimbangan kadar gula di dalam tubuh.

 

 

Image By: Google.com

Shares
Share This