Yoga yang Semakin Digemari

Cirebonmedia.com– Olahraga merupakan suatu hal yang harus dilakukan oleh manusia utnuk tetap menjaga tubuh selalu bugar dan sehat. Olahraga pun banyak sekali macamnya, mulai dari yang mengandalkan kekuatan fisik hingga olahraga yang mengandalkan otak. Namun, belakangan ini masyarakat banyak sekali menggemari olahraga “Yoga”, karena olahraga ini sangat cocok utnuk masyarakat yang tidak memiliki waktu luang utnuk berolahraga.

Yoga berasal dari bahasa sansekerta yang memiliki arti “penyatuan”, yang bermakna “penyatuan dengan alam” atau “penyatuan dengan Sang Pencipta”. Menurut Dr. Suparyanto, M.Kes, “Secara harafiah kata yoga berarti “bersatu atau bergabung”. Dalam latihan yoga, kita menggabungkan dan menyatukan pikiran dan tubuh kedalam satu kesatuan yang saling melekat dan seimbang. Yoga adalah salah satu sistem perawatan kesehatan yang menyeluruh tertua yang pernah ada, yang berfokus pada pikiran dan tubuh.

Mempelajari Yoga adalah seperti mempelajari bahasa baru bagi tubuh dan pikiran. Oleh karena itu yoga tidak dapat dipelajari hanya semalam saja. Yoga adalah sebuah bidang ilmu yang harus terus dipraktikkan, dimurnikan, dan dialami.

YogaYoga merupakan cara yang baik untuk membentuk postur tubuh. Berbagai posisi yoga dapat menyehatkan berbagai organdan membentuk otot-otot yang panjang dan langsing. Latihan menekuk tubuh kedepan, kebelakang, dan berbagai posisi menyamping atau berpilin dan posisi terbalik dapat menyeimbangkan dan melatih setiap otot, tulang, sendi-sendi, dan organ-organ tubuh.

Olahraga yang satu ini juga memiliki berbagai manfaat untuk menangkal beberapa penyakit seperti atritis, osteoporosis, obesitas, asma, penyakit jantung, penyakit-penyakit tersebut dapat disembuhkan dengan latihan program hatha yoga secara teratur.

Sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh Prof. Steven A. Hawkins dan pengajar yoga Bee Beckman dari Departemen Kienesiologi dan Pendidikan Fisik di California State University, dengan bekerjasama dengan 12 wanita dari usia 18-65 tahun yang tidak memiliki pengalaman berlatih yoga. Setengah dari kelompok tersebut mengikuti dua kelas yoga selama seminggu dan juga berlatih sendiri tiga kali seminggu. Beberapa hari posisi tubuh yang dilatih adalah segitiga, bentuk setengah bulan, dan sudut samping yang dipanjangkan.

Pemeriksaan kepadatan tulang dilakukan pada awal penelitian dan kembali dilakukan enam bulan kemudian. Setelah enam bulan kelompok yoga yang kepadatan tulang punggungnya meningkat, sementara pada kelompok yang lain tidak terdapat perubahan dalam tingkat kepadatan tulang mereka.

Yoga yang memiliki berbagai manfaat bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk tetap berolahraga dan memiliki bentuk ideal serta tetap sehat. Hal tersebut lah yang membuat olahraga yang satu ini banyak sekali digemari masyarakat.

 

 

Image By: google.com

Shares
Share This