Anda Mengalami Insomnia ? Ini Dia Penyebabnya

Cirebonmedia.com– Susah tidur atau disebut insominia adalah salah satu gangguan tidur dimana penderitanya memiliki kualitas tidur yang sangat buruk karena memiliki kesulitan untuk memulai tidur atau mempertahankan tidur dalam jam normal. Penderita insomnia tak jarang juga mengalami beberapa gangguan fungsional saat bangun tidur.

Penyebab Insomnia

Berikut ini adalah beberapa penyebab insomnia diantaranya adalah :

  1. Stress

Stress atau kecemasan seperti didera kegelisahan yang dalam , karena permasalahan yang sedang dihadapi.

  1. Depresi

Selain menyebabkan insomnia depresi juga bisa menimbulkan keinginan untuk tidur dalam waktu yang cukup lama karena ingin melepaskan masalah yang sedang dihadapi.

  1. Kelainan – kelainan kronis

Kelainan tidur seperti tidur apnea , diabetes , sakit ginjal,arthritis atau penyakit yang mendadak meyebabkan kesulitan tidur.

  1. Obat – obatan

Beberapa jenis obat akan memberikan efek samping yang menyebabkan penderita penyakit tersebut susah tidur.

  1. Pola makan kurang baik

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berat sebelum tidur mengakibatkan susah tidur.

  1. Makanan kafein , alkkohol, dan nikotin

kafein dan nikotin merupakan zat stimulant. Dan alcohol adalah salah satu minuman yang bisa membuat pola tidur menjadi tidak teratur.

  1. Kurangnya aktifitas

kurangnya melakukan aktivitas seperti olahraga dapat memicu penyakit insomnia.

 

Insomnia dapat dialami oleh siapa saja, baik tua maupun muda, namun, semakin lanjut umur seseorang biasanya juga akan semakin rentan terhadap insomnia. Insomnia sendiri sebenarnya bukanlah sebuah penyakit, namun kemunculannya harus tetap kita atasi karena dapat memicu terjadinya gangguan psikis dan biologis lain seperti gangguan memori, gangguan emosi, halusinasi, hingga peningkatan resiko serangan jantung.

Tips Mengatasi Insomnia

Insomnia-smallBerikut adalah beberapa tips dan cara mengatasi insomnia agar anda bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

  • Usahakan tidur dengan jam yang teratur setiap hari
  • Selama proses penyembuhan insomnia, usahakan untuk menghindari tidur siang agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas di malam hari.
  • Hindari makanan dan minuman yang berkafein dan bersoda sebelum tidur.
  • Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur. Hindari membaca, menggunakan gadget, atau menonton tv di atas tempat tidur.
  • Sering-sering bermeditasi.
  • Dengarkan Brainwave. Beberapa brainwave didesain untuk mengkondisikan pikiran pada fase theta dimana tubuh dan pikiran terasa sangat rileks.

Nah itulah hal hal yang menjadi penyebab insomnia, dan tips untuk mengatasi insomnia semoga dengan adanya artikel ini , masalah susah tidur atau insomnia yang sedang anda alami saat ini segera teratasi.

 

 

Oleh: Gina

Image By: Google.com

 

 

 

 

Shares
Share This