Khasiat Teh Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

Cirebonmedia.com– Dalam aktivitas sehari-hari kita sering mengkonsumsi teh hijau, bahkan tanpa kita sadari teh hijau pun selalu tersanding menemani aktivitas makan kita, baik pagi, siang, maupun malam hari, kita selalu mengkonsumsi apa yang disebut dengan teh hijau ini, minuman ini telah lama di kenal sebagai minuman pengganti seperti kopi dll, yang lebih sehat karena rendah kandungan kafein dan mengandung antioksidan alami yang sangat kuat yang disebut dengan polifenol. Antioksidan jenis ini tidak hanya membantu menyehatkan tubuh, kulit , dan rambut, tetapi juga membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Apakah kita menyadari ? ada berbagai manfaat yang terkandung dalam teh hijau itu sendiri, diantaranya :

Kulit yang sehat :

Sejumlah penelitian yang telah dilakukan mengambil kesimpulan positif yang berkaitan dengan manfaat teh hijau untuk kulit.

Anti oksidan juga bermanfaat bagi kulit, dan itu banyak terdapat dalam teh hijau. Teh hijau juga mengandung sejumlah senyawa yang membantu kulit menjadi bercahaya, dan manfaat ini bisa diperoleh dari meminumnya atau penggunaan topikal. Formulasi kosmetik yang mengandung teh hijau adalah pilihan yang baik, karena hal ini akan mengurangi kerusakan akibat sinar matahari. Polifenol dalam teh hijau dikenal dapat memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan .

Campur 100 gram teh hijau dan setengah liter air, dan diamkan selama 30-40 menit pada suhu kamar. Setelah itu saring cairan dan simpan di dalam lemari es. Anda dapat menggunakan campuran ini untuk menyegarkan wajah setelah melewati hari yang panjang, mengobati ruam ringan, dan mengobati luka bekas panas matahari. Ini juga akan membantu Anda untuk membersihkan jerawat dan mencegah datang kembali .

Daun teh hijau juga dapat digunakan sebagai exfoliator. Campur 3 sendok teh yogurt dengan 1 sendok air daun teh hijau dan perlahan untuk memijat wajah , setelah itu biarkan selama 5 menit. Selesai kemudian Cuci dengan air hangat . Proanthocyanidins oligomer adalah salah satu antioksidan yang banyak ditemukan dalam teh hijau, yang membantu memperlambat proses penuaan dini.

 

Mengelola Diabetes :

Teh hijau juga membantu memanajemen diabetes tipe II, karena mengandung anti oksidan alami yang menghambat sekresi enzim yang dikenal dengan alpha – glucosidase, yang pada akhirnya akan memperlambat penyerapan glukosa dalam darah. Demikian hanya sedikit insulin yang diperlukan untuk mengelola glukosa dalam darah. Teh hijau juga dapat membantu meningkatkan toleransi glukosa pada orang sehat.

 

Mengelola Tekanan Darah :

Teh hijau mengandung kafein, dimana diketahui tidak baik bagi penderita hipertensi. Tetapi karena persentase kafein teh hijau yang sangat rendah, maka efek positif secara keseluruhan pada jantung . Hal ini membantu mengelola diabetes dan kolesterol, sehingga tekanan darah tinggi ikut terkendalikan.

 

Pencegahan agregasi platelet :

Antioksidan Flavonoid dalam teh hijau telah dikenal bisa mencegah agregasi platelet ( yang merupakan faktor pemicu penyakit kardiovaskuler). Dengan demikian, asupan teh hijau mungkin bermanfaat bagi pasien yang terkena penyakit jantung koroner. Bahkan, penelitian menjelaskan bahwa teh hijau bisa mengurangi angka kematian akibat penyakit kardiovaskular pada pria dan wanita.

 

Kehamilan :

Seperti yang sudah kita bahas di atas, teh hijau memiliki banyak manfaat yang populer di kalangan wanita hamil. Tingkat antioksidan yang tinggi akan membantu tubuh untuk memulihkan kerusakan sel, mengatur gula darah dan kadar insulin, dan membantu mengendalikan hipertensi .

Hipertensi dan diabetes gestasional merupakan masalah umum terjadi pada akhir kehamilan. Tingkat oksidan yang tinggi teh hijau membantu mengurangi kemungkinan terkena masalah ini, karena akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari wanita hamil.

Manfaat-Teh-Hijau-SmallPerhatian :

Meskipun minum teh hijau aman bagi kehamilan memiliki manfaat, adalah penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor risikonya. Teh hijau mengandung kafein, meskipun dalam jumlah yang sangat kecil. Kafein adalah diuretik, yang artinya memaksa tubuh untuk mengeluarkan lebih banyak air dari biasanya, yang kadang-kadang bisa menyebabkan dehidrasi .

Mempertahankan tingkat hidrasi sangat penting selama kehamilan, karena dehidrasi dapat mencegah tubuh menyerap nutrisi yang diperlukan. Kehamilan membutuhkan peningkatan asupan vitamin dan mineral, dan diuretik bisa memfasilitasi hilangnya nutrisi tersebut melalui urin, sehingga dalam kasus ini penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda .

 

Mencegah Arthritis :

Teh hijau bisa membantu mencegah dan mengurangi risiko rematik atau rheumatoid arthritis. Ini karena akan melindungi tulang rawan dengan cara menghalangi produksi enzim kemokin. Kemokin adalah protein yang mempromosikan peradangan dalam tubuh, yang dikatakan menghancurkan fleksibilitas tulang rawan – dimana ini merupakan gejala umum arthritis .

 

Mencegah Kanker Kulit :

Polifenol yang terdapat dalam teh hijau akan menghambat pertumbuhan dua proteinvascular endothelial growth factor (VEGF) and the Hepatocyte growth factor (HGF), yang dikenal mempromosikan pertumbuhan sel tumor. Teh hijau akan membantu menghambat kanker akibat karsinogen dan sinar ultraviolet.

Masih banyak manfaat yang terkandung dalam teh hijau tersebut, tapi semua itu harus kita konsumsi secara seimbang dan tidak berlebihan agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan kita sendiri, jadi sudah kah kita meminum teh hari ini ?

 

Oleh: Shalom

Image By : Google.com

Shares
Share This