Manfaat Kopi Hitam

Cirebonmedia.com- Siapa yang tak mengenal soal air yang dapat membuat diri kita kembali segar ketika kita melakukan kerja lembur, begadang, ronda malam, dan sebagainya, ya kopi, warga Indonesia tidaklah asing lagi soal apa yang di sebut dengan kopi, tidak hanya di Indonesia tapi di luar negeri pun banyak yang menggemari secangkir kopi hitam untuk “doppingan” disaat kita melakukan rutinitas sampai malam, ada berbagai variasi tentang kopi baik dari segi rasa, warna, aroma, bahkan cara menyajikannya pun ada berbagai macam.

Tapi orang Indonesia pasti mengenal apa itu “kopi hitam” sebuah kopi hitam pekat beraroma khas yang dapat membuat mata itu sulit untuk menutup, Kopi sendiri berasal dari bahasa Arab yakni qahwah yang berarti kekuatan, sebab memang kopi diyakini sebagai sumber energi. Kata qahwah berganti menjadi kahveh (Turki) dan koffie (Belanda). Ini yang kemudian diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kopi.

Taukah anda bahwa dibalik hitamnya kopi hitam terdapat khasiat yang dapat berpengaruh bagi kesehatan anda ?

Perlindungan terhadap penyakit

Baru-baru ini peneliti telah menunjukkan bahwa kopi hitam dapat melindungi tubuh terhadap penyakit seperti diabetes tipe 2, kanker dan penyakit Parkinson. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal Cambridge, kopi dapat menjaga tubuh dari diabetes tipe 2 karena memiliki efek menurunkan berat badan.

Penelitian yang sama juga mencatat bahwa kopi dapat membantu melindungi tubuh dari kanker kolorektal karena bisa mengurangi kolesterol, asam empedu dan mengeluarkan sterol netral ke dalam usus besar, meningkatkan motilitas kolon, dan memiliki sifat antioksidan.

Kopi hitam mengandung banyak antioksidan

Menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh American Chemical Society, kopi merupakan sumber antioksidan nomor satu. Antioksidan memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk mencegah kanker dan penyakit jantung.
Membuat kemampuan kognitif lebih baik

Kemampuan kognitif lebih baik. Kopi membantu menjaga fungsi otak untuk bekerja lebih baik. Kafein dalam kopi menghalangi plak beta-amyloid di otak, sehingga otak bisa berfungsi lebih baik.

 

Meminum kopi pun mempunyai cara sehatnya :

 

kopi 500X500Cara sehat minum kopi

 

  1. Pilih kopi alami. Kopi hitam yang asli tanpa tambahan pemanis, krimer dan lainnya. Akan lebih baik lagi jika diolah secara tradisional.
  2. Dosis yang cukup dan tidak berlebihan. Secara umum banyak yang menyarankan cukup sekira 300 mg atau 1 – 3 cangkir.
  3. Tidak berlebihan dalam mencampurkan dengan gula atau krimer.
  4. Perhatikan respon badan, jika setelah minum kopi terjadi respon yang tak nyaman, sebaikny hentikan minum kopi.
  5. Konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan.

 

Rupanya ada banyak khasiat dalam kopi yang di anggap oleh anak muda Indonesia adalah kopi “orang-orang tua” tapi tidak semua anak muda membencinya banyak pula yang menyukai rasa dan aroma kopi hitam ini. Jadi, sudahkah anda meminum kopi hitam hari ini ?

 

 

 

Image By: Google.com

Shares
Share This