Kenali Gejala Kanker Serviks Sejak Dini

Cirebonmedia.com – Tahukah anda bahwa kanker serviks adalah penyakit pembunuh nomer satu para wanita? Kanker ini disebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma virus) yang menyerang sistem reproduksi wanita. Namun, terkadang gejala kanker ini kurang diketahui oleh para wanita sehingga saat penyakit ganas ini menyerang , si penderita barulah menyadarinya. Untuk itu tak ada salahnya anda mengetahui gejala dari penyakit ini agar anda bisa melakukan pencegahan sejak dini.

Meskipun tak semua gejala kanker serviks dialami oleh penderita kanker lainnya, tetapi setidaknya salah satu diantaranya pernah dirasakan :

  1. Penderita kanker sering mengalami gejala keputihan dalam jumlah banyak. Berwana hijau dan agak kecoklatan serta menimbulkan bau yang tidak sedap.
  2. Penderita kanker mengalami sakit pada bagian paha, daerah kewanitaan, dan pinggul pada saat haid. Ketika mengeluarkan darah timbul rasa gatal dan panas.
  3. Penderita kanker akan mengalami masa haid yang berkepanjangan sehingga bisa dikatakan pendarahan yang tidak wajar.
  4. Selanjutnya gejala yang dialalami oleh penderita kanker serviks merasakan sakit pada saat buang air kecil, buang air besar dan pada saat berhubungan badan.
  5. Penderita kanker serviks biasanya mengeluarkan darah saat berhubungan badan, itu disebabkan karena rahim yang sudah terinfeksi oleh virus HPV.
  6. Pada awal terserang kanker serviks , napsu makan menjadi menurun
  7. Penderita kanker serviks akan mengalami bengkak dibagian kaki , Jika hal itu terjadi maka virus sudah menjalar ke anggota tubuh yang lain.
  8. Penderita kanker serviks biasanya juga mempunyai imunitas yang sangat rendah oleh sebab itu penderita mudah lelah, walaupun rutinitas yang di jalani cukup padat

serviks 500x500Langkah Pencegahan Kanker Servik Sejak Dini

Setelah mengetahui beberapa ciri-ciri kanker serviks dan mengetahui betapa berbahayanya penyakit ini, diharapkan Anda bisa lebih waspada kedepannya. Anda juga harus lebih peduli dengan kesehatan Anda sendiri dengan melakukan langkah-langkah pencegahan kanker serviks sejak dini. Tujuannya tentu untuk menghindari munculnya gejala kanker servik yang akan sangat mengganggu tentunya. Langkah mudah yang harus Anda lakukan tentu saja dengan selalu mengonsumsi makanan yang bisa memenuhi asupan gizi dan nutrisi harian tubuh Anda. Jagalah kondisi lingkungan dan juga kebersihan tubuh, terutama kebersihan area kewanitaan. Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok. Dan bagi Anda yang sudah berpasangan, sebaiknya setia dengan satu pasangan untuk melakukan hubungan suami istri.

jika Anda merasa sudah mengalami beberapa gejala kanker serviks seperti yang tadi sudah kami jelaskan, segera periksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter. Barangkali gejala tersebut ternyata memang gejala kanker serviks yang harus segera ditangani.demikian informasi singkat kami mengenai gejala kanker serviks sejak dini , Semoga informasi ini bisa menjadikan kita lebih waspada terhadap kesehatan khususnya untuk para wanita.

 

 

Image By: sinarharapan.co

Oleh: Gina

Shares
Share This