Manfaat Udang Bagi Kesehatan Manusia

Cirebonmedia.com- Cirebon, banyak orang bilang kata itu berasal dari bahasa sunda yaitu Cai (air dalam bahasa sunda) dan rebon (yang berarti udang rebon). Muasal kata itulah yang kemudian melahirkan julukan bagi kota ini sebagai ‘kota udang’.Kota ini berada di pesisir utara Pulau Jawa atau yang dikenal dengan jalur pantura yang menghubungkan Jakarta-Cirebon-Semarang -Surabaya. Secara geografis, Cirebon masuk kedalam wilayah Jawa Barat dan berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Kota yang juga terkenal dengan julukan Kota Wali tersebut sering menjadi kota transit karena letaknya yang strategis.

Ada beberapa faktor yang mampu menarik perhatian orang untuk datang ke kota ini. Salah satunya karena Cirebon memiliki banyak makanan khas yang menarik; seperti Nasi lengko, Sega Jamblang, Docang, Empal Gentong, Kerupuk Udang, dan masih banyak lagi.

Diantara sekian banyak makanan dikota Cirebon ada satu bahan makanan yang cukup menarik dan memiliki cerita panjang yang berkaitan dengan kota tersebut. Adalah udang merupakan icon sekaligus komoditi makanan yang akrab dengan masyarakat Cirebon dan sekitarnya.

Manfaat-Udang-smallPada mulanya masyarakat Cirebon cenderung memproduksi udang secara home industry. Terutama di daerah pesisir pantai yang warganya suka mengkonsumsi udang, biasanya udang digunakan sebagai bahan utama terasi atau sebagai lauk pendamping nasi yang disajikan dengan bumbu balado.

Udang itu sendiri adalah Hewan yang hidup di perairan, khususnya sungai, laut, atau danau. Udang dapat ditemukan di hampir semua “genangan” air yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan. Dan tahukah anda tentang manfaat udang untuk kesehatan anda? Berikut adalah manfaat udang untuk kesehatan anda.

 

Kandungan Kolesterol Udang

Menurut penelitian, udang mengandung banyak kolesterol jahat atau LDL yang akan dapat mengganggu kesehatan. Namun jangan takut, Selain ada LDL nya, ternyata udang juga memilki HDL atau kolesterol baik yang tinggi pula. Untuk mensiasati kolesterol jahat tersebut agar jumlahnya dapat berkurang, ada beberapa trik dan tips memasak agar dapat mengurangi konsentrasi LDL di dalam udang. Tapi sebelum itu, mari cari tahu terlebih dahulu mengenai manfaat-manfaat dari mengkonsumsi udang.

  1. Udang Sebagai Penyeimbang Hormon

Udang adalah penyeimbang hormon-hormon yang ada di dalam tubuh. Itulah manfaat utama dari mengkonsumsi udang. Udang yang mengandung banyak protein akan membantu memproduksi hormon dan menyeimbangkan jumlah hormon di dalam tubuh. Apalagi jika kita menginginkan peningkatan massa otot, hormone pembentuk massa otot akan dapat diproduksi dengan baik oleh nutrisi yang ada di dalam udang. Hal tersebut baik terutama bagi orang yang gemar berolah raga.

  1. Udang Mencegah Penyakit Kanker

Kanker ternyata dapat dicegah dengan mengkonsumsi udang. Pada 56 mikrogram di dalam 4 ons udang yang kita konsumsi, terdapat selenium dengan jumlah yang pas untuk memenuhi kebutuhan mineral selenium di dalam tubuh. Mineral selenium ini adalah zat antioksidan yang dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Bahkan, beberapa penelitian yang sudah dilakukan membuktikan bahwa kandungan selenium di dalam udang dapat diserap dengan baik oleh tubuh kita.

  1. Udang Mencegah Penyakit Jantung, Diabetes dan Anti depresi

Tidak hanya kanker, udang juga dapat membantu kita menghindari resiko terhadap penyakit kardiovaskular seperti gagal jantung. Lagi-lagi, selenium adalah faktor yang sangat berpengaruh pada pencegahan penyakit jantung ini. karena kekurangan selenium ternyata dapat berakibat pada tingginya resiko terjadinya gagal jantung.

Selenium juga dapat membantu pencegahan dan pengobatan terhadap penyakit diabetes serta baik bagi penderita depresi.

  1. Udang sebagai sumber Omega 3

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa udang memiliki kandungan omega 3 yang beragam. Misalnya Eicosapentaenoic Acid (EPA) dan Docosahexaenoic Acid (DHA) yang mana zat-zat tersebut berperan aktif guna menjaga kesehatan sistem syaraf dan sebagai faktor pencegah penyakit yang berkaitan dengan organ jantung.

  1. Udang mengandung zat anti inflamasi

Zat anti inflamasi yang terkandung dalam udang adalah Astaxanthin, tepatnya terdapat pada pigmen warna yang ada di cangkang udang. Zat tersebut sangat berguna untuk mencegah maupun mengobati inflamasi.

  1. Udang sebagai sumber makanan kaya protein

Kandungan protein di dalam udang ini menjadikan udang masuk ke dalam sepuluh besar makanan paling sehat di dunia. Tak hanya jumblahnya tetapi juga kandungan protein dalam udang memiliki kualitas yang sangat bagus. Kegunaan protein tentu sangat banyak, misalnya untuk pertumbuhan kuku, rambut maupun untuk meningkatkan massa otot.

  1. Udang dapat meningkatkan nafsu makan

Jika anda merasakan kurang berselara makan, maka anda dapat mengkonsumsi udang. Kenapa? karena udang mengandung banyak protein yang jika dikonsumsi akan membentuk zat bernama peptida. Zat tersebut akan merangsang pelepasan hormon yang berkaitan dengan nafsu makan yaitu hormon cholecystokinin (CCK). Jumlah CCK inilah yang mengatur tingkat nafsu makan seseorang. Dengan adanya peptida, jumlah hormon CCK dapat diatur sehingga anda pun dapat memiliki nafsu makan anda kembali.

  1. Udang sebagai Obat Anemia

Udang memiliki jumlah vitamin yang tinggi dan beragam.  Di antaranya, udang memiliki kandungan vitamin B. Tidak hanya satu jenis vitamin B saja tetapi ada juga vitamin B jenis lainnya. Vitamin B dalam udang yaitu vitamin B6, B12, Kolin, Niasin dan asam pantotenis. Kegunaan dari vitamin-vitamin B ini adalah untuk menstabilkan tekanan darah serta dapat mencegah terjadinya anemia. Bahkan mereka yang menderita penyakit kekurangan darah ini dapat diobati dengan konsumsi udang yang disesuaikan.

  1. Udang memiliki kandungan fosfor yang tinggi

Udang yang sangat kaya manfaat ini juga memiliki khasiat untuk memperkuat tulang kita.dengan kadungan fosfornya yang tingi mengkonsumsi udang secara rutin akan menambah kepadatan dan membuat tulang kita menjadi lebih kuat. Selain tulang, fosfor juga dapat menguatkan gigi-gigi kita. Karena jika tulang kita rapuh atau terjadi pengeroposan pada tulang, kesehatan pun secara umum akan terganggu.

Itulah beberapa manfaat yang terkandung dalam udang yang tentunya sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Memakan udang tak sekedar mendapatkan rasa yang lezat, namun lebih dari itu, banyak manfaat yang kita dapatkan dari makanan yang poluler dengan masakan seafood tersebut.

 

 

Image By: Google.com

Oleh: Adzan.F

Shares
Share This