Mengatasi Kantuk Setelah Jam Makan Siang

Cirebonmedia.com- Jam makan siang merupakan waktu yang dinanti bagi para pekerja. Karena pada jam inilah mereka sejenak beristirahat dan bersantap bersama rekan dan berbagi cerita. Akan tetapi hal ini sering memunculkan masalah yaitu mengantuk setelah makan siang dan cenderung menurunkan kinerja saat kembali bekerja.

Mengantuk setelah jam makan siang sudah menjadi hal yang lazim terjadi dan mungkin kita alami sehari-hari. Selesai menyantap menu makan siang, mata menjadi berat disertai dengan menguap yang berulang-ulang. Sebenarnya, hal ini sangat alamiah karena kaitannya dengan ritme sirkadian atau jam biologis tubuh kita.

Tips-tidak-mengantuk-saat-kerja-smallMenurut ahli nutrisi Dr. Allan Spreen, Kita umumnya mempunyai jadwal makan rutin yaitu sarapan pada jam 8.00, makan siang pada jam 12.00 dan makan malam pada jam 19.00. Dengan jadwal makan seperti ini, food coma sering terjadi pada jam 10.00 (2 jam setelah sarapan), jam 14.00 (2 jam setelah makan siang) dan jam 16.00 (3 jam sebelum makan malam). Sehingga dua jam setelah waktu sarapan dan makan siang, tubuh terasa lebih lemah dan mengantuk akibat aktivitas seluruh tubuh mengolah dan menyerap makanan. Sementara tiga jam sebelum makan malam, tubuh terasa lemas akibat kadar gula darah yang menurun.

Usahakan jangan sampai tertidur usai jam makan siang, karena hal tersebut bisa memicu penyakit diabetes dan bisa membuat Anda mendapat teguran keras dari bos karena tertidur saat jam kerja berlangsung.

Berikut adalah tips mengatasi rasa mengantuk yang sering menghantui Anda setelah jam makan siang:

 

 

Minum Air Putih

Ternyata meminum air putih dapat membantu Anda tidak mengantuk . Tak hanya sehat ternyata air akan membuat Anda terjaga dan membantu sistem tubuh untuk lebih segar lagi.

 

Makan secukupnya

Batasi porsi makan siang dan hindari makan secara berlebihan. Anda akan mudah merasa lelah dan mengantuk ketika mencerna makanan dalam porsi besar.

 

Batasi makanan mengandung gula dan lemak

Batasi makanan yang mengandung gula dan lemak saat makan siang untuk menghindari ‘kecelakaan energi’. Gula memang dapat memberikan dorongan energi yang cepat pada awalnya, namun juga cepat habis sehingga akan membuat tubuh terasa lelah. Jika Anda ingin makan makanan yang manis, makan saja buah buahan yang rasanya manis.

 

Berjalan-Jalan sejenak

Duduk di satu tempat dalam waktu yang cukup lama akan membuat siapa saja merasa bosan dan mengantuk. Untuk itu, saat Anda sudah merasa mengantuk, berdirilah dan berjalan-jalan sebentar untuk menghirup udara segar. Saat kembali ke kantor, dijamin Anda akan merasa lebih segar.

 

 

Image By: Google.com

Shares
Share This