Menjaga Kondisi Tubuh Saat Cuaca Ekstrim

Cirebonmedia.com- Belakangan ini cuaca ektrim kerap sekali terjadi, hal tersebut dapat kita lihat dari cuaca yang cerah dan panas menyengat tiba-tiba berubah mendung dan hujan turun dengan intensitas yang sangat tinggi. Cuaca menjadi sulit diprediksi dan inilah suatu tanda bahwa musim Pancaroba segera tiba.

cuacaekstrim 500X500Pancaroba merupakan musim peralihan dari musim panas ke musim penghujan. Pola cuaca yang tidak menentu dan tiba-tiba merupakan ciri musim pancaroba. Dalam kondisi seperti ini tubuh sangat diuji kemampuannya untuk tetap bertahan, karena dipaksa beradaptasi dengan perubahan suhu yang drastis yang terus berubah-ubah. Hal ini menyebabkan ketidak seimbangan kondisi tubuh seperti menurunnya imunitas dan sistem kekebalan tubuh yang mengakibatkan manusia rentan sekali terserang penyakit.

Dengan kondisi cuaca yang seperti ini berpotensi menimbulkan berbagai penyakit pada saluran pernapasan, seperti flu, batuk, pilek, dan sebagainya. Seperti dilansir okezone Dr Frans Abednego Barus SpP dari Klinik Asma dan Alergi Dokter Indrajana Jakarta mengatakan, virus dan bakteri berada di sekeliling kita, apabila daya tahan tubuh lemah, maka virus dan bakteri dapat masuk melalui saluran pernapasan sehingga terjadi infeksi. Frans mengatakan, bagi masyarakat yang sibuk, terutama yang tinggal di kota-kota besar, ketika cuaca ekstrim haruslah menjaga pola makan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh.

Dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin C, akan meningkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh dalam menghadapi cuaca yang serba-tak menentu.

Saat ini banyak tersedia multivitamin yang mengandung vitamin C berbahan dasar alami dengan takaran dosis tepat yang dibutuhkan tubuh. Karena itu, masyarakat tidak perlu khawatir daya tahan tubuh akan berkurang selama cuaca ekstrim.

“Kalau dirasakan makanan dan minuman belum mencukupi, maka dapat menambah dengan mengonsumsi vitamin dan suplemen untuk menjaga agar tubuh tetap kuat,” ujar Frans.

Masyarakat harus lebih siap dalam menghadapi cuaca ekstrim seperti yang sedang terjadi saat ini jika tidak ingin terkena penyakit, perhatikan pola makan, kurangi aktivitas diluar rumah jika tidak terlalu penting dan usahakan menggunakan masker saat berada di area terbuka.

 

 

Image By: Google.com

Shares
Share This